Peugeot dan General Motors Berbagi Komponen
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 22 Februari 2012 19:34 WIB
Peugeot Logo (netcarshow.com)

TEMPO.CO, Paris- Dua pabrikan mobil ternama, General Motors Amerika dan dan PSA Peugeot Citroen asal Prancis akan menjalin kerjasama dalam waktu dekat. Kerjasama produksi ini dilakukan demi membendung kerugian akibat beban operasi yang tinggi di Eropa.

Kantor berita Reuters mengabarkan, GM dan Peugeot bakal berbagi komponen dalam beberapa varian baru mereka. Bentuk sinergi lainnya ialah membangun pabrik baru di luar Eropa yang memiliki biaya produksi rendah.

Namun manajemen GM dan Peugeot tak memberi penjelasan rinci mengenai hal ini. "Tidak ada kepastian mengenai bentuk kesepakatan," kata juru bicara Peugeot. Sedangkan juru bicara GM, Kelly Cusinato, menolak berkomentar.

Seorang sumber mengatakan, sinergi ini dilakukan pada varian mobil van komersial. Peugeot kini mencari mitra untuk menggantikan Fiat setelah pembuat pabrikan asal Italia itu berencana memutus kerjasama pada 2017.

Sebelumnya manajemen Peugeot mengatakan tengah mencari mitra untuk menggarap strategi menghadapi pasar global. Mereka juga mengaku tertarik untuk menambah produksi di Amerika Latin.

Sepanjang 2011, Peugeot membukukan angka penjualan 2,1 juta unit, turun 1,3 persen dibanding tahun sebelumnya. Dari jumlah itu 48 persen atau 1,01 juta unit terjual di luar Eropa. Rusia mencatatkan kenaikan penjualan tertinggi, 28,3 persen disusul Asia dan Amerika latin masing-masing 14,2 persen dan 9,2 persen.

FERY FIRMANSYAH

#Penjualan Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi