Nissan Juke Olivia Dinilai Bukan Cacat Produksi
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 12 Maret 2012 11:47 WIB
Nissan Juke. egmcartech.com

TEMPO.CO, Jakarta - Pengamat otomotif Suhari Sargo, mengatakan banyak hal yang bisa membuat Juke yang dikendarai Olivia terbakar. “Bisa jadi bensin menetes, tangkinya bocor, sehingga ada percikan api atau listrik yang langsung membakar mobil, dan memungkinkan meledakkan tangki penuh bahan bakar,” katanya kepada Tempo kala dihubungi Ahad 11 Maret 2012.

Suhari menampik adanya cacat produksi pada Juke. Ia menilai selama ini Nissan Juke di dalam dan luar negeri tidak bermasalah. “Saya yakin produksi Juke sudah memenuhi banyak tes kecelakaan,” katanya.

Suhari menilai mobil Nissan Juke termasuk yang terbaik di kelasnya. "Tahun lalu, sebuah majalah otomotif mendapuk Nissan Juke sebagai salah satu model yang terbaik," ujarnya ketika dihubungi Senin, 12 Maret 2012.

Berdasarkan informasi nissan.co.id, seri Nissan juke sudah dilengkapi tiga komponen pengaman. Pertama, anti-lock braking system (ABS), sebuah sistem yang diklaim mampu memompa rem 18 kali per detik sehingga roda tidak mengunci saat pedal rem diinjak.

Kemudian ada sebuah fitur bernama EBD (electronic brake-force distr). Sistem ini memantau bobot kendaraan serta penumpang dan secara otomatis menyesuaikan daya pengereman efektif.

Terakhir ada fitur BA (brake assist) yang mampu memberikan daya pengereman maksimal saat pengendara menginjak rem secara mendadak. Dari sisi teknologi, mobil pabrikan Jepang itu memiliki tiga driving mode, yaitu normal, sport, dan eco, serta panel pengoperasian yang dapat menampilkan lebih dari dua indikator.

Melihat spesifikasinya, Suhari melanjutkan, Nissan sudah teruji di jalanan. Apalagi sejak diluncurkan 2010, Nissan Juke belum terdengar ditarik dari pasaran karena kesalahan komponennya. "Perusahaan juga pasti sudah uji keselamatan dengan berulang kali sengaja menabrakkan mobil untuk menjamin keamanan," kata dia.

Dengan kondisi demikian, menurut Suhari, jika terjadi kecelakaan, kemungkinan berasal dari pengemudi atau situasi jalanan. "Kalau dari komponen dan spesifikasi, Nissan Juke sudah penuhi standar keamanan," ujarnya.

Olivia Dewi, model sekaligus mantan Gadis Sampul 2010, pada Sabtu, 10 Maret 2012, tewas dalam kecelakaan mobil Nissan Juke bernomor polisi B 60 GOH. Mobil yang dikemudikan Olivia menabrak tiang papan reklame dan terbakar di depan gedung Wisma Nugra Santana, Jalan Sudirman, Jakarta.

Olivia yang duduk di kursi pengemudi tewas di tempat karena terjebak di dalam mobil yang terbakar itu. Adapun temannya, Joey Sebastian, berhasil diselamatkan dan masih dalam perawatan di Rumah Sakit Gading Pluit.

MUHAMAD RIZKI | DIANING SARI

Berita Terkait:Teman Olivia Gadis Sampul Operasi Kaki Ini Hasil Tes Urine Joey dan Otopsi Olivia Olivia Ternyata Favorit Juri Gadis SampulBagaimana Karier Olivia sebagai Model?Polisi Belum Minta Keterangan Nissan Indonesia Olivia Gadis Sampul Itu Jago BasketMasih Sakit, Polisi Belum Periksa Teman Olivia Teman Olivia Trauma Kepala dan Patah TulangApi Nissan Juke Olivia Sulit Dipadamkan Joey Teman Olivia Trauma Olivia Gadis Sampul Tewas Terbakar di Mobil Terpanggang Api, Olivia Terkunci di Nissan JukeTerbakarnya Nissan Juke Masih Jadi MisteriBelasungkawa untuk Olivia Dewi Lewat Twitter

#Low Cost Green Car | LCGC | Mobil Hijau

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi