Hamilton Raih Pole Position di Sepang  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 25 Maret 2012 09:00 WIB
Lewis Hamilton. REUTERS/Brandon Malone

TEMPO.CO, Sepang - Pembalap McLaren Lewis Hamilton menempati posisi start pertama (pole position) pada Grand Prix Malaysia di Sirkuit Sepang. Hamilton mencatatkan waktu 1 menit dan 36,219 detik atau unggul 0,149 detik dari rekan setimnya, Jenson Button, yang berada di posisi kedua.

Dengan hasil ini, tim McLaren berhasil mendominasi kualifikasi dalam dua seri grand prix pertama. Pada sesi kualifikasi di Australia pekan lalu, Hamilton juga berhasil meraih pole position.

Hamilton mengatakan sesi kualifikasi berlangsung ketat. Namun ia bersyukur timnya bisa cepat beradaptasi, khususnya dengan perubahan cuaca. “Saya rasa ini adalah hari yang berat, khususnya dengan perubahan suhu dan cuaca. Kami melakukan beberapa perubahan pada mobil kami. Tapi kami bisa melakukannya dengan baik,” tutur Hamilton seperti dikutip situs resmi Formula One.

Button pun menyambut hasil positif yang ia catatkan bersama rekan setimnya. “Saya rasa bagus bahwa kami sebagai tim bisa start di depan. Apa yang Lewis lakukan sejak awal kualifikasi ketiga sangat hebat,” kata Button.

Pembalap veteran yang membela Mercedes, Michael Schumacher, menempati posisi start ketiga. Schumacher mengungguli Mark Webber yang berada pada posisi keempat. Pembalap Red Bull, Sebastian Vettel, menempati posisi keenam. Saat Grand Prix Australia di Melbourne pekan lalu, ia juga menempati posisi keenam.

Pun demikian, Vettel bisa naik ke posisi kelima karena peringkat Kim Raikkonen yang bertengger di peringkat lima akan diturunkan menjadi peringkat 10 setelah penggantian gearbox pada mobilnya.

Dengan perubahan ini, Romain Grosjean akan menempati posisi enam, sedangkan pembalap Mercedes, Nico Rosberg, akan berada pada posisi ketujuh. Pembalap Ferrari asal Spanyol, Fernando Alonso, akan memulai seri di Sepang pada peringkat kedelapan.

ESPN STAR| FORMULA1| ANANDA. W TERESIA

#F1

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi