Sejarah Baru Nico Rosberg di Formula-1  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 15 April 2012 06:34 WIB
Nico Rosberg. REUTERS/Brandon Malone

TEMPO.CO , Jakarta: Pembalap Nico Rosberg dari Mercedes GP mencetak sejarah bagi dirinya selama mengikuti balap Formula -1 . Ia start diurutan pertama dalam balapan di sirkuit Shanghai Internasional setelah meriah waktu tercepat pada sesi kualifikasi Sabtu 14 April 2012. “Fantastik…. Ini tentu saja menjadi perasaan yang sangat luar biasa menjadi pembalap start di posisi terdepan besok,” kata Rosberg seperti dikutip dari situs resmi Formula-1.

Rosberg mencetak waktu 1 menit 35.121 detik di putaran ke-11 sesi kualifikasi ketiga. Ini adalah start terdepan pertama sepanjang karir pembalap asal Jerman itu sejak mengikuti ajang Formula1 pada 2006. Pada musim lalu Rosberg start dari posisi empat di sirkuit Cina dan menyelesaikan balapan itu dengan finish di posisi kelima.

Tahun 2010 merupakan musim balap terbaik Rosberg. Start terbaik Rosberg diraih di sirkuit Sepang, Malaysia. Ia start dari posisi ke-2 dan harus puas dengan podium ketiga di bawah Sebastian Vettel dan Mark Webber dari RBR-Renault. Sepanjang musim ini Rosberg tiga kali naik podium ketiga. Selain di sirkuit Sepang-Malaysia, ia naik podium tiga di Sanghai-Cina, dan di Britania Raya. Namun ia mengakhiri musim balap-nya di posisi 7 dengan 142 poin.

Pada musim lalu, posisi start terbaik Rosberg diraih saat lomba balap di sirkuit Turkey. Ia berada di posisi ke-3 dan hanya berhasil finish di posisi ke-5. Ia pun mengakhiri musim balap itu di posisi 7, namun ia hanya mengumpulkan 89 poin dari balapan sepanjang musim.

Rosberg  memang terbilang cemerlang. Bersama tim debutan asal Jepang, William-Toyota, pada musim balap 2007, ia menembus sepuluh besar ajang balap bergengsi ini. Walau sempat anjlok ke posisi 13 di akhir musim balap setahun kemudian, ia segera menembus posisi 7 besar di tahun berikutnya. Baru pada tahun 2010, Rosberg pindah ke Mercedes GP. Ia mulai ikut bicara di persaingan utama balapan jet darat ini. Pada musim pertama keikutsertaan pembalap Jerman ini di Formula-1 bersama William-Coswort pada tahun 2006.

Keberhasilan start dari posisi terdepan musim ini di Shanghai bakal meningkatkan kepercayaan diri pembalap ini. Persoalannya, apakah Rosberg mampu membuktikan diri memiliki mental juara dengan meraih podium pertama untuk pertama kalinya dalam karirnya?

Apalagi para jagoan balap lain siap menghadang ‘bintang baru’, yang bakal dibantu rekan dan seniornya asal Jerman, Michael Schumacher. Tentu Fernando Alonso dari Ferrari, Lewis Hamilton dan Jenson Button dari Mc Laren-Mercedes, Mark Webber dan Sebastian Vettel dari RBR-Renault, Kimi Raikkonen Lotus-Renault, dan juga pembalap baru Sergio Perez dari Sauber-Ferrari tak mudah memberikan podium kepadanya.

“Sayangnya, kami tak bisa start balap sama-sama dari posisi depan, tapi saya akan bekerja keras untuk mengejarnya,” kata Hamilton.

Posisi Start F1 Sirkuit Shanghai, Cina: 1. Nico Rosberg (Mercedes) 1:35.121 2. Michael Schumacher (Mercedes) 1:35.691 3. Kamui Kobayashi (Sauber-Ferrari) 1:35.784 4. Kimi Raikkonen (Lotus-Renault) 1:35.898 5. Jenson Button (McLaren-Mercedes) 1:36.191 6. Mark Webber (Red Bull Racing-Renault) 1:36.290 7 Lewis Hamilton (McLaren-Mercedes) 1:35.626 8. Sergio Perez (Sauber –Ferrari) 1:36.524 9. Fernando Alonso (Ferarri) 1:36.622 10. Romain Grosjean (Lotus-Renault)

WANTO

Berita TerkaitRosberg Raih Pole Position, Schumacher KeduaVettel dalam Tekanan  Hamilton Kecewa Dua Kali Gagal Podium Satu  Gagal Juarai Dua Seri Balapan F1, Hamilton Kesal

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi