Toyota Jual RAV 4 Electric Rp 467 Juta  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 8 Mei 2012 11:18 WIB
AP/Reed Saxon

TEMPO.CO, Los Angeles - Toyota Motor Corp melansir varian RAV 4 versi terbaru. SUV crossover yang dilengkapi mesin bertenaga listrik itu rencananya dibanderol seharga US$ 50.610 atau sekitar Rp 467,38 juta.

Laman autonews.com mengabarkan Toyota RAV 4 Electric mulai dijual di Amerika Serikat pada musim panas ini. Lokasi penjualan pertama berada di kawasan Sacramento, San Francisco, Los Angeles, dan San Diego. "Volume penjualannya ditargetkan mencapai 2.600 unit hingga tiga tahun mendatang," kata General Manager Toyota Bob Carter, Selasa, 8 Mei 2012.

Selain harga jual off the road, Toyota mengenakan biaya pengiriman sebesar US$ 810. Namun pemerintah Amerika memberi insentif pajak untuk mobil listrik sekelas RAV 4 Electric sebesar US$ 2.500 di California dan US$ 7.500 di negara bagian lain.

Mobil ini rencananya dirakit di pabrik Toyota di wilayah Woodstock, Ontario. RAV 4 Electric merupakan hasil kerja sama Toyota dengan Tesla Motor. Tesla menyediakan pak baterai dan sistem motor elektrik, sedangkan Toyota mengurusi aspek lain, seperti bodi, mesin pendukung, fitur keamanan dan keselamatan, serta kompartemen penggerak.

RAV 4 Electric dilengkapi electric powertrain lansiran Tesla, yang bisa menghasilkan tenaga 154 daya kuda pada putaran mesin 2.800 rotasi per menit. Mobil ini pun memiliki dua opsi kecepatan, yakni sport mode, yang bisa memicu kecepatan maksimum 100 mil per jam, serta normal mode, dengan kecepatan tertinggi 85 mil per jam.

Dalam opsi sport, mobil bisa dipacu hingga 60 mil per jam dalam 7 detik, sedangkan pada opsi normal, kecepatan 85 mil per jam bisa ditempuh dalam 8,6 detik. Untuk mengisi daya listrik baterai, RAV 4 hanya perlu dicas selama 6 jam pada tegangan 240 volt. Baterai jenis lithium ion ini tahan dipakai selama 8 tahun atau untuk menempuh 100 ribu mil. Toyota menggandeng pabrikan baterai isi ulang, Leviton Manufacturing Co, untuk memproduksi perlengkapan ini.  

Dari sisi bentuk, RAV 4 Electric memiliki beberapa perbedaan dengan RAV versi mesin bensin. Toyota memberi sentuhan baru pada bumper depan, grill atas bawah, spion samping, spoiler, serta bagian bodi bawah. Namun bobot mobil listrik ini lebih berat 470 pon dibanding mesin bensin karena mesti menggotong baterai.

FERY FIRMANSYAH

#Penjualan Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi