Johnny Darmawan: Target Kami Cuma Adu Teknologi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 26 Juni 2012 19:18 WIB
Kiri ke kanan; Vice Presiden Astrido Group Fernando Gunawan, CEO Auto 2000 Dodjana Jody, Marketing Director PT TAM Joko Trisanyoto, President Director PT TAM Johny Darmawan, dan Daniel Gunawan Presdir Asrindo Group (Dok. TAM)
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Panitia Indonesia International Motor Show 2012 Johnny Darmawan mengatakan, pameran otomotif terbesar di Indonesia tersebut tidak pernah memasang target penjualan mobil. Begitu juga tahun ini, IIMS diselenggarakan hanya untuk mengadu teknologi antar Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Kami tidak pernah pasang target transaksi, target kami cuma adu teknologi antar merek saja,” ujar Johnny saat dihubungi, Selasa, 26 Juni 2012.

Karena itu, Johnny berharap agar tiap pabrikan mobil menghadirkan mobil-mobil terbaik mereka pada IIMS 2012 ini. Dengan begitu, popularitas dari pabrikan akan otomatis terkerek. “Kalau bisa memamerkan mobil teknologi baru, pendapatan mereka (ATPM) juga bisa lebih banyak,” kata Johnny.

Apalagi secara keseluruhan, IIMS dari tahun ke tahun mengundang peminat yang sangat besar. Hal itu terlihat dari tingkat pengunjung yang trennya meningkat. “Kita pun sampai harus pindah tempat dari JHCC ke Kemayoran, bahkan kalau animo masyarakat seperti ini terus bisa-bisa dua tahun lagi kami harus cari tempat yang lebih besar,” kata Johnny.

Hingga saat ini, mobil tipe Multi Purpose Vehicle (MPV) masih menjadi primadona di kalangan konsumen. Masyarakat, kata dia, masih mencari mobil keluarga yang memiliki daya tampung tinggi. “Mobil 7 seater yang paling dicari,” ujar Johnny yang juga Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor tersebut.

Ia memperkirakan Toyota Avanza bakal masih menjadi pemimpin di kelas MPV tersebut dan diikuti oleh Toyota Innova. “Avanza masih paling laku, sedangkan (Daihatsu) Xenia jadi nomor tiga digeser (Toyota) Innova,” ujar Johnny.

Toyota juga masih diyakini paling unggul dalam hal penjualan mobil sepanjang tahun ini. Toyota menargetkan bisa meraih 36 persen dari total pangsa pasar mobil di Indonesia. “Kalau target Gaikindo 2012 sebanyak 900 ribu unit, kami targetnya 36 persen dari total tersebut,” ucapnya.

DIMAS SIREGAR

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi