Sprint Race di Silverstone, Rio Finis Urutan ke-10
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 8 Juli 2012 19:28 WIB
TEMPO/Dwi Narwoko

TEMPO.CO, Silverstone -  Pembalap Indonesia Rio Haryanto harus puas finis di urutan ke-12 pada Sprint Race GP2 Series Silverstone, Inggris, Minggu 8 Juli 2012. Pembalap Pertamina Marussia Carlin ini mulai balap dari posisi 10 gagal menambah poin. Ia tak bisa tampil maksimal karena ada mobilnya mengalami understeer.

Pada saat balapan baru dimulai, Rio langsung mendapat serangan dari para pembalap seniornya. "Pada awal balapan semua berjalan baik. Namun menjelang lap ke-10, masalah understeer bvan depan menjadi semakin parah," kata Rio dalam keterangannya, usia balapan.

Gangguan teknis pada mobil Rio terjadi sejak lap ke-4. Dengan gangguan itu ditambah kerusakan pada sidepod holder akibat contak dengan Fabio Leimer, pembalap asal Solo ini memilih fokus menyelesaikan balapan.

Rio memilih membuka jalan kepada beberapa pembalap  untuk menghindari tabrakan atau penalti, termasuk Fabio Onidi dari tim Scuderia Coloni, Marcus Ericsson dari iSport International dan James Calado dari Lotus.

Dengan kondisi mobil tak sempurna, Rio sempat sukses menyalip posisi rekan setimnya Max Chilton pada lap ke-8. Namun, Chilton mampu bergerak kedepan hingga menempati posisi ke-6. Menjelang lap terakhir, Chilton bertabrakan dengan pembalap senegaranya James Calado sehingga mobilnya rusak dan tak bisa melanjutkan balapan.

Balapan di Sirkuit Silverstone ini sejak awal hingga lap 21 berakhir didominasi pembalap Arden International asal Brazil, Luiz Razia dan kedua pebalap tim DAMS, Davide Valsecchi dari Italia dan Felipe Nasr dari Brazil. Aksi susul-menyusul mewarnai balapan kali ini.

Melalui pertarungan sengit, Razia akhirnya menyentuh garis finis terdepan dengan catatan waktu 37 menit 28,656 detik. Menyusul di belakangnya, Davide Valsecchi di urutan kedua dan Felipe Nasr, di urutan ketiga. Kemenangan di Silverstone ini membuat Razia menempati puncak klasemen sementara dengan 165 poin.

Pada balapan di hari pertama, Feature race di Silverstone Rio menempati urutan ke-10 sehingga mendapat tambahan poin 1. Karena gagal mendapat tambahan poin di Sprint Race, Posisi Rio kini tertahan di pringkat ke-15 dengan 27 poin.

"Tim kami saat ini sedang melakukan investigasi dengan masalah understeer yang belum pernah saya alami pada balapan-balapan sebelumnya," kata Rio.

Manajer teknis Rio, Piers Hunnisett, menduga masalah ban depan yang dialami Rio kemungkinan akibat adanya masalah pada konstruksi ban. "Para teknisi dari Pirelli (produsen ban GP2 Series dan F1) juga mulai melakukan pemeriksaan dan investigasi pada masalah ban yang digunakan Rio," ujar Hunnisett.

RINA WIDIASTUTI

Berita terpopuler:Sayup Dentang Lonceng Kematian ArsenalPeluru yang Pergi dari ArsenalRonaldo: Messi Pemain Terbaik di DuniaDrogba Hengkang dari Chelsea, Ferguson GembiraPunya Masalah Fisik, Villa Tak Diminati PSGTolak Nomor 7 MU, Kagawa Dipuji RobsonXabi, La Liga, dan ISLXabi Alonso Muncul di MonasDari Jakarta, Xabi Alonso Berlibur ke BaliLampard: Arsenal Harus Melepas Van Persie

 
#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi