Mobil Mewah Kian Digemari di Yogyakarta  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 9 Juli 2012 16:40 WIB
Toyota All New Camry yang diluncurkan di Jakarta, Rabu, 4 April 2012. Toyota kini menawarkan Camry dengan mesin Hybrid berkapasitas 2.5 liter. (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO.CO, Jakarta - Mobil-mobil kelas premium atau masuk dalam kategori mewah sangat digemari di Yogyakarta. Mobil dengan harga di atas Rp 500 juta itu menjadi ajang prestise bagi pengendaranya. Apalagi mobil tersebut dianggap lebih aman dan nyaman dikendarai.

Para pengelola dealer memamerkan mobil-mobil kelas premium itu di pusat-puast perbelanjaan atau mal. Itu dilakukan untuk mengenalkan kepada konsumen. "Selama ini yang sangat laku di pasaran adalah mobil keluarga kelas menengah. Maka untuk kelas premium juga kami kenalkan," kata Branch Manager Nasmoco, Janti Djoko Prasongko, Senin, 9 Juli 2012.

Nasmoco Group, selaku authorized Toyota dealer di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar pameran produk premium Toyota di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta sejak Senin hingga Kamis pekan ini. Sejumlah mobil premium seperti Toyota 86, Alphard, All New Chamry, Fortuner, hingga Yaris dipajang agar lebih dikenal masyarakat.

Ia menuturkan Toyota memiliki banyak produk otomotif di pasaran. Namun selama ini masyarakat hanya mengenal produk-produk seperti Toyota Avanza dan Toyota Innova. Padahal masih ada produk premium yang bisa dinikmati masyarakat.

Djoko mengakui pangsa pasar Toyota didominasi kedua produk tersebut. Toyota Avanza berkontribusi sekitar 60 persen penjualan dan Innova sekitar 20 persen. Sisanya diisi oleh Toyota Yaris, 10 persen, dan beberapa produk premium yang lain. Di Yogyakarta hampir setiap bulan penjualan produk Toyota mencapai angka 500 unit.

Salah satu varian terbaru dari Toyota adalah produk sport car Toyota 86 atau dikenal dengan Toyota Hachiroku. Produk yang dilempar ke pasar pada bulan Juni lalu ini berperforma optimal dan handling yang melegenda dari sportcar Toyota.

Soal harga, produk ini dibanderol lebih dari Rp 600 juta. Mobil ini merupakan turunan dari Toyota AE86 yang sering dipakai dalam berbagai arena balapan mobil.

Produk mobil kelas premium lainnya adalah New Alphard dan all New Camry yang sudah dirilis pada awal 2012 lalu. Produk ini menawarkan sensasi kemewahan dan kenyamanan berkendaraan. Sedangkan untuk kelas sport utility vehicle ada Toyota Fortuner dan mini car All New Yaris.

Khusus untuk Toyota 86, sejak diluncurkan 1 Juni lalu, mobil yang berjuluk Hachiroku tersebut sudah terjual 25 unit di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut Djoko, pembeli terbanyak Toyota 86 di Tanah Air berasal dari kalangan kolektor. Kesuksesan mobil tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di Jepang.

Mobil ini menggunakan mesin flat boxer engine berkapasitas 2.000 cc dengan teknologi Toyota D-4S (Direct Injection 4-stroke Gasoline Superior). Mesin ini bisa menyemburkan tenaga hingga 200dk di 7.000rpm.

Menurut Marketing Communication Departemen PT New Ratna Motor (Nasmoco Group), Punjung Wahyu Widodo, Toyota akan terus berkomitmen melakukan inovasi dan eksperimen terhadap hal baru, yaitu untuk memberikan kepuasan kepada para pelanggan.

"Kami juga akan mengadakan kontes modifikasi mobil," kata dia.

MUH SYAIFULLAH

Otomotif LainnyaVolkswagen Rampungkan Pembelian Porsche Maruti Genjot Ekspor ke Indonesia dan Afrika Tantangan Infiniti Berhadiah 8 Tiket F1 SingapuraAgustus, VW Rampungkan Pembelian PorscheSemester Pertama, Mobil Diesel BMW Laris 132 Unit

#Pameran

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi