Luncurkan BT-50 Pro, Mazda Incar Pelaku Industri
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 20 Juli 2012 20:59 WIB
Mazda BT-50 Pro. mthai.com

TEMPO.CO, Jakarta – Mazda Motor Indonesia akhirnya meluncurkan All New Mazda BT-50 Pro di Jakarta. Menurut Presiden Direktur PT Mazda Motor Indonesia Keizo Okue, peluncuran mobil ini merupakan salah satu cara Mazda untuk meraih konsumen kelas ritel (pelaku industri). “Memang pasarnya kecil dibandingkan kelas mobil lain, tapi kami melihat ada peluang di kelas tersebut,” kata Keizo saat peluncuran BT-50 Pro di Central Park Mall, Jakarta, Jumat, 20 Juni 2012.

Menurut Keizo, permintaan pasar di Indonesia akan mobil jenis pick up semakin bertambah. Pertambahan itu disebutnya merupakan salah satu imbas dari meningkatnya perekonomian Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. “Jadi kami melihat peluang itu, apalagi belum banyak produsen yang menggarap kelas tersebut,” ujarnya.

Keizo mengatakan, Mazda melihat kebutuhan gaya hidup konsumen  kelas pelaku industri. Karena itu, Keizo menyatakan mobil itu didesain untuk memenuhi kebutuhan konsumen ritel yang juga memperhatikan gaya hidup. “Jadi mobil ini perpaduan antara ketangguhan mobil dengan kemewahan seperti mobil penumpang,” katanya.

Menurut Sales Manager PT Mazda Motor Indonesia Haryanto Djayaputra, Mazda juga mengincar individu-individu yang gemar jalan-jalan. “Jadi kan banyak sekarang individu yang sering naik gunung membawa sepeda, jadi kami incar pasar itu juga,” ujar Haryanto.

Haryanto menambahkan penjualan mobil jenis pick up di Indonesia cukup menjanjikan. Bahkan pada tahun lalu, Haryanto menyatakan kontribusi penjualan mobil jenis pick up bisa mencapai 45 persen. “Tahun lalu kami menjual mobil kelas BT-50 ini hingga 1100 unit, sedangkan total penjualan Mazda mencapai 4937 unit,” katanya.

Menurut Haryanto, mobil jenis pick up ini mayoritas terjual di wilayah Kalimantan dengan kontribusi penjualan sebesar 55 persen. Adapun kontribusi penjualan pick up berikutnya adalah pulau Sumatera yang mencapai 35 persen dari total penjualan di Indonesia. “Karena di kedua wilayah itu banyak kawasan perkebunan dan pertambangan, dan hingga kini cenderung meningkat permintaannya,” ujar Haryanto.

Mazda membanderol  BT-50 Pro pada tipe single cabin dengan harga Rp 241 juta. Sedangkan BT-50 Pro Double Cabin High yang memiliki fitur paling komplit menggunakan transmisi otomatis dijual dengan harga Rp 395 juta. “Kalau untuk harga, kami yakin cukup kompetitif apalagi dengan fitur-fitur yang setara mobil penumpang lainnya,” kata Haryanto.

DIMAS SIREGAR

#Penjualan Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi