Alonso Cetak Tiga Kemenangan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 22 Juli 2012 21:33 WIB
Fernando Alonso menyiramkan sampanye untuk merayakan kemenangannya di Sirkuit Hockenheimring, Jerman (22/7). REUTERS/Alex Domanski

TEMPO.CO, Hockenheimring - Pembalap Tim Ferrari, Fernando Alonso, semakin mengukuhkan dominasinya setelah menjadi yang terdepan di sirkuit Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Jerman, Ahad malam. Ini menjadi kemenangan ketiga Alonso musim ini.

"Pertarungan yang berat, sama sekali bukan balapan yang mudah. Mungkin saya bukan yang tercepat di lintasan kering, tapi kami sangat mampu bersaing," kata Alonso seusai pertandingan. Suhu di lintasan sirkuit saat itu menunjuk angka 32 derajat celcius.

Start dari posisi terdepan, Alonso langsung tancap gas. Ia melahap jarak 4.574 kilometer dengan catatan waktu 1 jam  31 menit 05,862 detik. Sebastian Vettel dari Tim Red Bull finish di urutan kedua dengan selisih waktu +00:03.732.

Jenson Button, dari Tim McLaren, menyusul di tempat ketiga dengan selisih waktu +00:06.949. Adapun Max Webber, juara Grand Prix Inggris kemarin, hanya finish di urutan ke 8 dengan selisih waktu 00:46.941.

Hatrick yang dicetak Alonso ini membuat juara dunia 2005 dan 2006 ini menduduki peringkat teratas klasemen sementara dengan 154 poin, disusul Mark Webber dengan 120 poin dan Sebastian Vettel dengan 118 poin. Sebelumnya Alonso menjadi juara di Grand Prix Malaysia dan Europe.

Kemenangan ini sekaligus mengulang sukses Alonso di sirkuit yang sama pada 2010 lalu. Namun kali ini perjuangannya lebih ketat. Alonso dan Vettel, kedua pembalap ini mulai bertarung sengit setelah lap ke-26.

Vettel yang terus membayangi Alonso sejak lap pertama, berhasil memangkas jarak menjadi hanya 1,6 detik di Lap ke-26. 8 lap kemudian, Vettel mempersempit jarak keduanya menjadi hanya 0,34 detik.

Namun upaya Vettel menyalip Alonso terhalang Lewis Hamilton. Hamilton saat itu masuk ke lintasan dari pitstop dan langsung menyalip Vettel. Padahal posisinya saat itu berada di urutan ke-18. Aksi Hamilton ini sempat membuat berang Vettel. Hingga putaran berakhir, Vettel gagal menyalip Alonso.

"Sebenarnya saya cukup cepat (untuk membalap Alonso) dan mempersempit jarak, tapi itu tidak terjadi. Saya tidak sepenuhnya senang, tapi saya pikir hasil ini cukup baik buat kami," Vettel.

REUTERS | BBC | DWI RIYANTO AGUSTIAR

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi