Sampai Juli, Penjualan Mobil Tembus 600 Ribu Unit  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 9 Agustus 2012 15:18 WIB
Staf showroom membersihkan mobil Honda di Tokyo, Jepang, Selasa (31/1). REUTERS/Toru Hanai

TEMPO.CO, Jakarta - Penjualan kendaraan bermotor sepanjang tahun ini diperkirakan tetap cemerlang. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia yakin angka penjualan 1 juta unit kendaraan bisa tercapai.

Menurut Wakil Ketua Gaikindo, Johnny Darmawan, banyaknya produsen yang meluncurkan mobil keluaran terbaru ikut mendongkrak penjualan. “Produk baru itu juga ikut meningkatkan penjualan mobil hingga bulan Juli,” katanya.

Hingga Juli 2012, Gaikindo mencatat total penjualan mobil mencapai angka 638 ribu untuk dealer dan 626 ribu unit untuk konsumen. Angka penjualan penjualan tersebut juga naik dari 503 ribu unit tahun 2011 lalu pada periode yang sama.

Johnny mengatakan penjualan hingga lebih dari 600 ribu unit tersebut membuat target penjualan Gaikindo sebesar 970 ribu unit bisa tercapai. Karena itu, dia menilai bukan tidak mungkin angka 1 juta bisa terlampaui. “Kalau dihitung-hitung, sampai akhir tahun butuh penjualan sekitar 72 ribu kendaraan per bulannya untuk mencapai target. Jadi dengan penjualan bisa sampai 100 ribu unit (per bulan), masak tidak bisa sampai satu juta,” Johnny menjelaskan.

Masyarakat sendiri, kata Johnny, hingga kini lebih banyak membeli mobil di kelas multi-purpose vehicle. Untuk segmen tersebut, Johnny menilai penjualannya lebih dari setengah angka penjualan secara keseluruhan. “Kalau dari persentasenya bisa lebih dari 50 persen, bahkan bisa 60 persen,” ujarnya.

DIMAS SIREGAR

TerpopulerKubu Jokowi-Ahok Bakal Tuntut Rhoma Irama Bertamu ke Gereja, Foke Minta Doa PendetaDi Mabes Polri, SBY Panggil Ketua KPK dan KapolriProfil Hartati, Cerdik Mencari SandaranHartati Tersangka, Begini Komentar IstanaBuka Bersama, Sutarman dan Abraham Samad ''Mesra'' Kisruh Simulator SIM, Todung Cs Temui Pimpinan KPKMahfud MD: Koruptor Hidupnya PanasSelesaikan Soal Bepe Secara BaikWawancara Tempo dengan Hartati Murdaya

#Penjualan Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi