Dahlan: Mobil Listrik Bisa Zig-zag  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rini Kustiani
Rabu, 5 September 2012 03:53 WIB
Menteri BUMN Dahlan Iskan mengendarai mobil listrik dari Depok menuju Kantor BPPT di Jalan Thamrin, Jakarta, Senin (16/7). Dahlan Iskan melakukan test drive mobil listrik garapan Dasep Ahmadi meskipun sempat mogok. Kemudian setelah sempat diperiksa selama 10 menit, Dahlan kembali mengendarai mobil listrik walaupun dengan kecepatan yang sangat lambat. TEMPO/Dasril Roszandi

TEMPO.CO , Jakarta - Menteri Negara Badan Usaha Negara (BUMN), Dahlan Iskan segera memiliki mobil listrik baru yang rencananya mulai digunakan pada 20 September 2012.

Mobil dengan prototipe dari PT Pindad Persero itu, komponen dan rancangannya berbeda dari jenis city car yang sejak Juli lalu biasa dikendarai Dahlan. "Yang ini modelnya sedan kecil," ujarnya ketika dijumpai usai rapat pimpinan di kantor Perusahaan Gas Negara, pada Selasa 4 September 2012.

Sedan kecil ini, menurut Dahlan merupakan hasil rancangan yang sudah dievaluasi. "Saya minta Kang Dasep membuat daftar kekurangan apa saja yang ada mobil rancangannya sebelumnya," katanya. Dahlan memuji cara kerja motor listrik (mesin) buatan Pindad yang sistem kerjanya dinilai sangat baik.

Secara umum, menurut Dahlan, ia puas dengan rancangan mobil listrik tersebut. "Mobil yang hijau itu enak buat zig zag," katanya.

Setelah evaluasi dan uji coba selesai, barulah mobil listrik diproduksi secara massal. "Harapannya diproduksi tahun depan," ujar Dahlan.

Direktur utama Pindad, Adik Avianto, Sabtu lalu mengatakan, untuk memproduksi motor listrik secara massal dibutuhkan beberapa kali uji coba. "Apalagi bahan baku komponennya masih impor, kami belum bisa memproduksi sendiri," ujarnya. Kini pihaknya masih mematangkan konsep sebelum memulai produksi massal.

Motor listrik berfungsi sebagai mesin penggerak mobil listrik yang terdiri dari baterai lithium dan magnet. Bahan baku magnet diimpor dari Cina dan lithiumnya berasal dari Amerika Serikat. Sekalipun bahan bakunya impor, motor listrik diproduksi sendiri oleh Pindad.

SATWIKA MOVEMENTI

Berita terpopuler lainnya:Kisah Kang Jalal Soal Syiah Indonesia (Bagian 6) Andik Vermansyah Pindah Ke Liga Utama AmerikaPolisi Tahan Kuasa Hukum John Kei  Jarak Tempuh Sepeda Motor Bakal DibatasiPanwaslu: Iklan Televisi Jokowi Masuk PelanggaranJangan Katakan Kalimat Ini ke Anak AndaDoberman Ikut Jaga Hillary Clinton di JakartaRonaldo Bakal Hengkang dari Real MadridCalo Penerimaan Pegawai Negeri DiungkapBegini "Hotel" di Pesawat Boeing 747 Aeroloft

#Mobil Listrik
#Kementerian BUMN
#Dahlan Iskan

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi