Sejuta Mobil Bakal Laris Hingga Akhir Tahun  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 6 September 2012 19:16 WIB
REUTERS/Supri

TEMPO.CO, Jakarta - Penjualan mobil di Indonesia mengalami pertumbuhan yang menggembirakan pada tahun ini. Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Sudirman Maman Rusdi memperkirakan 1 juta unit mobil bakal terjual hingga akhir 2012, atau tumbuh 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 900 ribu unit.

"Secara keseluruhan meningkat karena memang ekonominya membaik," kata dia, Kamis, 6 September 2012.

Sudirman mengatakan tren pertumbuhan penjualan sudah terlihat pada semester I 2012. Saat itu, sebanyak 637.778 unit mobil laris diborong konsumen. Angka ini tumbuh 24 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Meski ada sentimen negatif berupa aturan kenaikan uang muka kredit, Sudirman yakin hal ini tak terlalu berpengaruh pada angka penjualan mobil. Aturan tersebut, kata dia, hanya mengerem penjualan mobil murah atau di bawah Rp 200 juta. Penjualan varian mobil yang lebih mahal justtru meningkat.

"Daya beli masyarakat saat ini cukup tinggi," ujarnya.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Jhonny Darmawan juga yakin target penjualan satu juta unit mobil bisa terpecahkan tahun ini. Pasar kendaraan roda empat di Indonesia, menurut dia, tengah cerah karena dipicu meluncurnya varian-varian baru.

"Kalau target ini tercapai, bisa menjadi rekor baru dalam penjualan mobil di Indonesia," katanya.

DIMAS SIREGAR

#Penjualan Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi