Terus Merugi, Ford Eropa Pangkas Karyawan
Reporter: Tempo.co
Editor: S Tri P Bud
Rabu, 26 September 2012 06:41 WIB
Ford Logo

TEMPO.CO, London - Perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, Ford, mengumumkan mereka bakal memangkas beberapa ratus karyawan mereka di Eropa. Langkah ini dilakukan menyusul terus menurunnya permintaan, termasuk di Inggris.

Pengurangan karyawan akan dilakukan juga di Jerman dan beberapa bagian Eropa lainnya. Produsen mobil ini akan menawarkan skema PHK sukarela bagi karyawan dari divisi yang akan dirampingkan.

Operasi Ford di Eropa makin suram. Perusahaan ini menyatakan, turunnya penjualan berdampak pada kerugian perusahaan, yang mencapai US$ 1 miliar tahun ini. Ford mempekerjakan 15 ribu pekerja di Inggris dan memiliki pabrik antara lain di Southampton dan Dagenham.

Dalam sengketa gaji dan pensiun, 67 persen dari pekerja Ford Inggris diwakili oleh serikat Unite - anggotanya sekitar 1.200 karyawan kerah putih - mendukung aksi pekerja perusahaan ini.

"Ford Eropa mengharapkan program untuk menghasilkan pengurangan beberapa ratus posisi, namun jumlah pastinya baru akan diketahui selama beberapa bulan," kata pernyataan Ford.

Penjualan raksasa otomotif AS turun hampir 10 persen di Eropa pada paruh pertama 2012, ke level terendah dalam 17 tahun.

Ford ingin mengurangi biaya tenaga kerja dan meningkatkan utilisasi pabrik di Eropa, di mana pengamat industri mengatakan itu baru 65 persen dari kapasitasnya yang digunakan.

BBC | TRIP B

#Penjualan Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi