Mark Webber Pole Position Formula 1 Korea Selatan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Pruwanto
Sabtu, 13 Oktober 2012 20:55 WIB
Pembalap mobil Red Bull Formula One Mark Webber dalam sesi kualifikasi Grand Prix Formula One Korea Selatan di sirkuit Korea International di Yeongam, (13-10), REUTERS/Lee Jae-Won

TEMPO.CO, Jakarta -Pembalap Red Bull, Mark Webber merebut pole position lomba Formula 1 Grand Prix Korea Selatan, Ahad, 14 Oktober 2012. Pembalap 36 tahun asal Australia itu mengungguli rekan satu timnya, Sebastian Vettel yang berada di urutan kedua, dengan selisih 0,074 detik.

Di baris kedua balapan akan diisi pembalap McLaren, Lewis Hamilton, disusul pembalap Ferrari, Fernando Alonso. Baris ketiga diisi pembalap Lotus, Kimi Raikonnen, disusul Felipe Massa dari Ferrari.

Hasil yang menempatkan Webber sebagai peraih pole positin sebenarnya cukup mengejutkan. Pasalnya, saat kualifikasi pertama dan kedua, rekan satu timnya, Sebastian Vettel terus menguasai lomba. Namun di kualifikasi ketiga, pembalap yang tengah bersaing ketat dengan Fernando Alonso itu gagal menambah kecepatan akibat terhadang mobil Felipe Massa yang keluar dari pit.

Meski hanya berada di urutan kedua, Vettel mengaku senang dengan pencapain kualfikasi GP Korea Selatan. "Secara keseluruhan saya senang. Saya menang di sesi satu dan dua. Hasil ini juga bagus untuk perlombaan nanti," kata pemabalap 25 tahun tersebut.

Juara dunia F1 pada 2010 dan 2011 itu pun enggan menyalahkan Felipe Massa yang "menghadangnya" di tikungan terakhir. "Tidak masalah. Hasil ini cukup bagus untuk perlombaan besok," kata Vettel.

Adapun Mark Webber senang atas hasil urutan paling depan. "Kualifikasi tadi berlangsung sangat ketat. Saya senang akhirnya berada di urutan pertama. Ini posisi yang bagus untuk meraih hasil bagus juga esok hari," kata Webber.

Nada puas juga diutarakan pembalap McLaren, Lewis Hamilton, yang berada di urutan ketiga. "Akan sulit mendahului mereka di lomba. Tapi hasil ini cukup bagus, karena kami tidak terlalu jauh dengan mereka saat perlombaan," kata pembalap yang akan hijrah ke Marcedes musim depan.

Berbeda dengan Hamilton, kubu Ferrari mengaku kecewa dengan hasil kualifikasi yang menempatkan Alonso di urutan keempat. "Kami tidak pernah merasa senang. Tapi yang utama, kami membuat satu langkah tepat ke arah yang benar. Target kami mengawali lomba dari baris kedua atau ketiga berhasil dicapai," kata Kepala tim Ferrari, Stefano Domenicali.

"Sekarang yang kami butuhkan adalah berlomba sebaik mungkin di balapan besok."

Posisi Fernando Alonso memang terus terancam oleh Sebastian Vettel. Pada dua perlombaan terakhir, Alonso mengalami kecelakaan, sedangkan Vettel berturut-turut memenangi lomba. Walhasil, jarak poin yang tadinya cukup jauh berhasil dipangkas hanya tersisa empat.

Berikut Hasil Kualifikasi GP Korea Selatan: 1. Mark Webber - Red Bull - 1:37.242 2. Sebastian Vettel - Red Bull - 1:37.316 3. Lewis Hamilton - McLaren - 1:37.469 4. Fernando Alonso - Ferrari - 1:37.534 5. Kimi Raikkonen - Lotus - 1:37.625 6. Felipe Massa - Ferrari - 1:37.884 7. Romain Grosjean - Lotus - 1:37.934 8. Nico Hulkenberg - Force India - 1:38.266 9. Nico Rosberg - Mercedes - 1:38.361 10. Michael Schumacher - Mercedes - 1:38.513

ESPN | BBC | FORMULA ONE | ARIE FIRDAUS

Berita TerpopulerSetelah Timnas, Tim KPSI Juga Berlatih di GBKJuara Dunia Paralayang Ternyata Takut KetinggianSemen Padang Tak Takut Ancaman PSSI  Walcott Masuk Rumah Sakit, Hodgson Marah  El Shaarawy Girang Lakoni Debut di Timnas ItaliaRooney Ingin Jadi Pencetak Gol Terbanyak Inggris

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi