Pasar Mobil 2013 Relatif Stagnan
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Jumat, 30 November 2012 20:27 WIB
REUTERS/Supri

TEMPO.CO, Bandung - Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Joko Trisanyoto memperkirakan, pasar kendaraan roda empat pada 2013 relatif stabil. "Targertnya hampir sama dengan tahun ini, sekitar satu juta unit," kata dia dalam workshop wartawan industri dan otomotif di Hotel Luxton, Jumat 30 November 2012.

Joko mengatakan, sepanjang kuartal 1 hingga 3 2012, penjualan mobil mencapai 816.325 unit. Untuk kuartal keempat, penjualan diperkirakan mencapai 270 ribu hingga 280 ribu unit.

Untuk tahun 2013, Joko mengatakan stagnasi penjualan dipengaruhi sentimen negatif dalam negeri dan luar negeri. Dari dalam negeri, kebijakan penetapan uang muka kredit minimal 20 persen akan menurunkan minat pembeli.

Selain itu inflasi dan fluktuasi rupiah juga berpengaruh buruk. Sedangkan dari luar negeri, krisis lobal yang masih berlanjut akan mempengaruhi fluktuasi harga jual. "Skenario pesimistisnya penjualan akan turun," ujarnya.

Namun Joko mengatakan tren ini tidak perlu dikhawatirkan. Menurut dia, hal yang terpenting bagi produsen adalah dengan meningkatkan produktivitas serta meluncurkan varian baru yang menarik minat konsumen.

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Penjualan Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi