SUV Bakal Geser Pasar Mobil Penumpang  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 19 Desember 2012 16:56 WIB
New Grand Vitara. (Foto: Suzuki Indomobil Sales)

TEMPO.CO, Jakarta - Pangsa pasar mobil serbaguna (sport utility vehicle/ SUV) kelas menengah bakal melonjak tahun depan, dipicu peralihan selera konsumen kendaraan bermotor.

Direktur Penjualan PT Suzuki Indomobil Sales, Davy Tuilan, memperkirakan sebagian pengguna mobil penumpang (multi-purpose vehicle/ MPV) bakal beralih menjadi konsumen SUV. "Mereka mengalami kenaikan pendapatan dan mengganti mobil dengan kelas yang lebih tinggi," kata dia dalam acara peluncuran New Grand Vitara di Hotel Dharmawangsa, Rabu, 19 Desember 2012.

Davy mengatakan, pada 2011, penjualan SUV medium mencapai 92 ribu unit atau 11 persen dari total penjualan mobil sebanyak 840 ribu. Pada 2012 dan 2013, dia memperkirakan pasarnya melonjak hingga lebih dari 100 ribu unit.

Khusus Grand Vitara, Davy mengatakan, sejak diluncurkan pada 2006, populasi mobil ini mencapai 20.587 unit di Indonesia. Sepanjang 2012, penjualan model ini mencapai 560 unit.

Pembeli mobil jenis ini adalah konsumen menengah ke atas berusia maksimal 45 tahun yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam menggunakan mobil. "Mereka cenderung beralih pada jenis mobil baru yang memiliki performa lebih tinggi," ujarnya.

SUV medium merupakan varian mobil kelas menengah ke atas dengan harga jual rata-rata di atas Rp 300 juta. Mobil yang sejatinya dipakai melahap medan ekstrem ini dibekali mesin bertenaga besar, dengan kapasitas di atas 2.000 cc.

FERY FIRMANSYAH

#Penjualan Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi