Dahlan Iskan: Tucuxi Punya Saya  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rini Kustiani
Sabtu, 5 Januari 2013 14:04 WIB
Mobil Tucuxi merupakan mobil sport bertenaga listrik buatan Indonesia yang dipesan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan. ANTARA/Andika Wahyu

TEMPO.CO, Solo - Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan mengklaim mobil listrik Tucuxi saat ini sudah menjadi miliknya. Dia mengaku telah membiayai semua riset dalam membuat mobil yang bentuknya mirip Ferrari itu.

Dahlan menyatakan mobil berwarna merah tersebut merupakan karya dari Danet Suryatama. "Sejak awal saya yang membiayai risetnya," kata Dahlan saat melakukan uji coba 1.000 kilometer Tucuxi di Solo, Sabtu 5 Januari 2013. Setelah jadi, mobil tersebut mutlak menjadi miliknya.

Selain Tucuxi, Dahlan juga masih memberikan dukungan riset kepada para pencipta mobil listrik lain, termasuk Ahmadi dari Depok. "April mendatang kami akan memperlihatkan mobil karya Ahmadi yang baru," katanya.

Salah satu warga Surabaya, bernama Rafi, menurut Dahlan, juga sudah ada yang mulai mengembangkan mobil listrik. "Saya sudah mencoba mengendarai mobil buatan Pak Rafi itu," katanya.

Sebelumnya, pencipta mobil listrik Tucuxi, Danet Suryatama, berencana melaporkan Dahlan Iskan lantaran telah membongkar mesin mobil tersebut. Dia menilai bahwa pembongkaran itu merupakan upaya pencurian hak atas kekayaan intelektual.

AHMAD RAFIQ

Berita terpopuler lainnya:Dewi Perssik Mengamuk di TwitterKompolnas: Polisi Istimewakan Anak Hatta RajasaRizal Mallarangeng Berpesan untuk Dahlan Ishkan

#Mobil Listrik
#Dahlan Iskan

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi