Siapa Danet, Perancang Tucuxi Dahlan
Reporter: Tempo.co
Editor: Rini Kustiani
Sabtu, 5 Januari 2013 14:35 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Nama Danet Suryatama mulai dikenal masyarakat karena dia mengaku sebagai pencipta mobil listrik Tucuxi yang dimiliki Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan.

Danet menganggap Dahlan telah mencuri hak intelektual karena membongkar mesin "ferrari listrik" buatannya. "Saya akan laporkan pencurian hak cipta atau teknologi ini ke pemerintah Amerika Serikat," kata Danet.

Menanggapi tudingan Danet, Dahlan mengatakan telah membiayai semua riset yang dilakukan Danet sampai Rp 3 miliar. Dengan telah membiayai riset itu, Dahlan menganggap bahwa Tucuxi adalah miliknya. "Sejak awal saya yang membiayai risetnya," kata Dahlan.

Terlepas dari perselisihan Danet dengan Dahlan, siapa sebenarnya Danet?

Danet Suryatama adalah jebolan jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi 10 November (ITS), Surabaya, tahun 1988. Setahun kemudian, ia mendapat gelar master of science di bidang teknologi bangunan lepas pantai dari University of Starthclyde, Inggris.

Mulai 1992, Danet "hijrah" ke Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam itu, ia kuliah di jurusan Perkapalan dan Teknik Kelautan dengan bidang riset optimalisasi struktur. Danet kemudian lulus pada 1999 dan mendapat gelar PhD atau doctor of philosophy.

Sembari kuliah, Danet bekerja di perusahaan otomotif di Amerika Serikat pada 1997 dan 2008 menjadi konsultan otomotif di negara itu.

Danet mengatakan putus komunikasi dengan Dahlan Iskan sejak 21 Desember 2012. Saat itu Danet berada di Jakarta untuk melihat proses pengisian energi mobil listrik. “Saya sempat e-mail Pak Dahlan untuk menyampaikan keberatan karena mobil itu dibongkar, diutak-atik, dan dijiplak teknologinya,” kata dia.

Soal teknologi Tucuxi, Danet mengatakan telah mendaftarkan hak paten mobil listrik tersebut di Amerika Serikat. “Saya saat ini menjalankan bisnis otomotif di perusahaan ElectrikCar LCC di Amerika Serikat," ujarnya.

SHINTA MAHARANI

Berita terpopuler lainnya:Dewi Perssik Mengamuk di TwitterAnak Hatta Tak Tampak Mabuk di Kafe Parc 19


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi