Sebelum Kecelakaan, Rem Mobil Dahlan Bermasalah  
Reporter: Tempo.co
Editor: MC Nieke Indrietta Baiduri
Minggu, 6 Januari 2013 14:36 WIB
Mobil derek bersiap mengevakuasi mobil sport listrik Tucuxi milik Menteri BUMN Dahlan Iskan yang ringsek akibat kecelakaan di Desa Ngerong Kecamatan Plaosan, Kab. Magetan, Jatim, Sabtu (5/1). ANTARA/Siswowidodo

TEMPO.CO, Jakarta - Salah seorang pimpinan proyek mobil listrik Tucuxi, Ricky Elson, mengatakan, sebelum dicoba ke jalan, Menteri BUMN Dahlan Iskan sempat merasa rem pada mobil tersebut bermasalah. “Dari awal, Dahlan sudah mengeluhkan bahwa rem mobil sedikit bermasalah,” kata Ricky saat dihubungi, Sabtu, 5 Januari 2013.

Namun, karena keinginan kuat Dahlan Iskan untuk menguji coba mobil itu, kata Ricky, Menteri BUMN ini tetap nekat mengendarai mobil Tucuxi dari Solo ke Magetan. Ia menjelaskan, Dahlan yakin mobil masih dapat dikendarai walau dengan rem yang terasa bermasalah.

“Sebenarnya keputusan Dahlan untuk membawa mobil melalui Sarangan, Magetan, merupakan keputusan yang tidak wajar. Dalam artian, daerah tersebut merupakan daerah dengan tanjakan dan turunan dan curam. Namun Dahlan tetap mengambil risiko dengan berani untuk melewati wilayah itu,” kata Ricky.

Setelah kecelakaan, kata Ricky, Dahlan Iskan juga sempat menyatakan bahwa ia ikut andil dalam permasalahan rem tersebut. Dahlan merasa terlalu banyak melakukan pengereman saat turunan hingga membebankan poros rem dan menyebabkan kecelakaan.

Ricky mengatakan, hal terpenting adalah Dahlan Iskan selamat tanpa luka sedikit pun. Tidak ada korban luka dan jiwa dalam kecelakaan itu karena Dahlan menabrakkan mobil ke tebing.

Sebelumnya, mobil listrik Tucuxi yang dikendarai Dahlan dan Ricky mengalami kecelakaan di Sarangan. Mobil tersebut dibawa Dahlan untuk uji coba dengan rute Solo-Magetan. Klik di sini untuk kronologi kecelakaannya.

RAFIKA AULIA

Berita Lainnya:Tucuxi Ringsek, Dahlan Tetap Dukung Mobil Listrik

#Mobil Listrik
#Kementerian BUMN
#Dahlan Iskan

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi