Mobil Listrik Cocok di Rute Serpong - Jakarta  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rini Kustiani
Rabu, 23 Januari 2013 18:23 WIB
REUTERS/Tyrone Siu

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Perindustrian menyatakan mobil listrik hanya layak dalam kondisi tertentu. "Pertama, mobil listrik itu layak kalau bergerak dalam satu cluster, tidak jaraknya tidak terlalu jauh," kata Direktur Jenderal Industri Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, di Jakarta, Selasa 22 Januari 2013.

Kedua, jarak tempuh mobil sekitar 100 kilometer untuk perjalanan pergi dan pulang. Ketiga, mobil listrik digunakan sebagai sarana angkutan umum dengan trayek tetap. Menurut Budi, infrastruktur harus fokus pada tiga hal tersebut agar mobil listrik bisa digunakan secara komersial.

Dengan demikian, kata Budi harus ada pengembangan "cluster" jika ingin mengoperasikan mobil listrik di Jakarta. Ia menyebut kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) sebagai contoh. Jarak Jakarta-BSD dinilai masih layak untuk penggunaan mobil listrik.

"Karena bolak-balik itu paling 40 kilometer, jadi sambil makan siang bisa di-charge"," ujarnya. Ia pun menjelaskan, sebenarnya sudah ada mobil listrik yang digunakan selama bertahun-tahun. Mobil golf dan "fork lift" adalah dua di antaranya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan masih ada persoalan dalam mobil listrik. "Persoalannya masih ada di baterai," ujarnya. Sebenarnya, kata dia, Indonesia sudah bisa memproduksi baterai untuk mobil listrik. "Mau yang mahal atau yang murah?" kata Budi.

MARIA YUNIAR

#Mobil Listrik

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi