Bahan Bakar Mobil Ini Pakai Kopi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rini Kustiani
Senin, 25 Februari 2013 11:43 WIB
mobil berbahan bakar kopi. caradvice.com.au

TEMPO.CO, Manchester - Ternyata, kafein tak hanya bikin mata melek, namun juga bisa menjadi bahan bakar mobil. Walau yang digunakan sebagai bahan bakar adalah limbah kopi, kecepatan mobil ini lumayan tinggi, 104 kilometer per jam.

Adalah Martin Bacon, pria asal Manchester, Inggris, yang berhasil memecahkan rekor dunia untuk kecepatan mobil bertenaga kopi. Pria 42 tahun ini memodifikasi mobil pikap Ford P100 agar bisa menelan kopi sebagai bahan bakarnya. Dalam mobil itu, dia memodifikasi peralatan agar bisa mengolah kopi menjadi bahan bakar.

Bagaimana cara kerjanya? Dedak limbah kopi dipanaskan dengan arang dan terurai menjadi karbonmonoksida dan hidrogen. Gas itu lalu didinginkan dan disaring, sebelum hidrogennya dibakar untuk menggerakkan mesin. "Butuh beberapa tahun untuk merakit mobil ini. Saya sangat senang akhirnya mobil ini bisa memecahkan rekor," ujarnya.

Sebenarnya, sudah lama ada mobil yang bisa ditenagai dengan sumber energi berbentuk gas. Bahkan, sejak Perang Dunia II, di Inggris sudah ada 100 ribu kendaraan yang memakai bahan bakar gas. Namun, untuk gas yang berasal dari kopi, baru sepuluh tahun belakangan ini.

Untuk merakit mobil tersebut, Bacon menggandeng The Co-Operative, perusahaan biofuel. Pemecahan rekor ini juga untuk memperingati 10 tahun konversi kopi menjadi bahan bakar.

CEO The Co-Operative, Steve Murrells, menyatakan, rekor yang didapat dari Guinness World Records adalah cara yang baik agar orang makin tertarik dengan kendaraan ini. Dengan konsumsi biofuel, maka bisa memberikan perubahan bagi produsen dan negara berkembang (penghasil kopi). Sayang, tak disebut berapa tingkat emisi dan konsumsi bahan bakarnya.

NUR ROCHMI | DAILYMAIL

Berita otomotif lainnya:Kembangkan Mobil Sport, Nissan Perluas NismoGeneral Motors Tambah Investasi di Korea SelatanHonda Pangkas Proyeksi Laba Bersih2013, Honda Targetkan Penjualan Naik 15-20 PersenEmpat Tahun, Mobil Listrik Tumbuh 1 PersenAll New Suzuki Swift Ramaikan Pasar Hatchback

#Bahan Bakar Alternatif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi