Roy Suryo Ingin Balap F1 di Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Yudono Yanuar Akhmadi
Selasa, 12 Maret 2013 05:28 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo. TEMPO/Jati Mahatmaji

TEMPO.CO , Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga berencana merintis sirkuit untuk menggelar balap mobil  F1 di Indonesia.  "Antara di Bali dan Jakarta," kata Menteria Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, dalam konferensi pers Alexandra Pertamina Racing Team, di Jakarta, Senin, 11 Maret 2013.

Roy mengatakan, dua hari mendatang ia akan berangkat ke Australia untuk menemui manajemen F1, yang sedang menggelar seri pertama balap mobil Formula 1 di sana. Ia akan membicarakan persiapan serta persyaratan untuk menghadirkan F1 di Indonesia.

"Mungkin bukan zaman saya, tapi saya akan merintis sirkuit F1," ujarnya. Ia pun menjelaskan dua kemungkinan lokasi untuk F1. Pertama, di antara jalan tol yang ada di Bali. Kedua, di tengah kota Jakarta. Ia mengungkapkan, ada jalanan di Jakarta yang biasa digunakan sebagai ajang kebut-kebutan.

Jalanan itu, kata dia, memiliki aspal dan kualitas "track" yang memungkinkan untuk dijadikan sirkuit F1. "Hanya tinggal dikasih tikungan dan tribun," kata Roy. Ia pun menuturkan, jalanan tersebut kelak bisa ditutup pada Sabtu dan Minggu untuk menjadi sebuah "open-close circuit".

Ia mengungkapkan, sebenarnya F1 bisa dihadirkan di Sentul. Namun, kata Roy, masih harus dilakukan perluasan. Lebih lanjut, ia menuturkan, akhir tahun ini pemerintah akan membawa ajang Le Mans ke Indonesia. "Insya Allah 8 Desember nanti," katanya.

MARIA YUNIAR

Berita Terpopuler:Tontowi/Liliyana Kembali Juarai All EnglandJuara All England, Liliyana: Kami Ditakuti DuniaChen Long Juara Baru All EnglandBale Sebut PSG dan City Bukan Tim Besar EropaPenalti Gerrard Menangkan Liverpool Atas SpursFerdinand: Ini Hukuman Manchester United

#F1
#Kementerian Pemuda dan Olahraga
#Roy Suryo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi