Tesla Luncurkan Skema Leasing Khusus Mobil Listrik
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 3 April 2013 22:03 WIB
uk.ibtimes.com

TEMPO.CO, California - Produsen mobil listrik Tesla Motor Inc meluncurkan layanan pembiayaan khusus untuk mobil listrik. Untuk menggarap layanan ini, Tesla bekerjasama dengan dua bank besar, Wells Fargo & Co dan U.S Bank.

Menurut Kepala Eksekutif Tesla, Elon Musk, layanan ini diluncurkan untuk mempertajam penetrasi pasar mobil listrik, terutama varian sedan yang harganya cukup mahal. Mobil yang akan masuk dalam skema ini adalah sedan Tesla Model S seharga US$ 62.400 atau sekitar Rp 607,46 juta. "Dengan skema ini, mobil listrik bakal terjangkau oleh semua segmen konsumen," kata dia seperti dikutip dari Reuters, Rabu, 3 April 2013.

Dalam proyek pembiayaan ini, bank akan menyediakan uang muka senilai 10 persen dari harga jual mobil. Konsumen membayar sisa harga yang harus ditanggung dengan cara mencicil. Setelah mencicil 36 bulan, konsumen memiliki opsi untuk memiliki mobil tersebut dengan cara meneruskan pembayaran hingga 66 bulan atau atau menjualnya kembali kepada Tesla Motor.

Jika konsumen memilih opsi yang kedua, Musk menjamin harga beli mobil bekas tersebut masih cukup tinggi. Dia berjanji, nilai mobil bekas tersebut akan setara minimal dengan sedan Mercedes S Class. "Saya sendiri yang menjadi penjaminnya, dengan seluruh aset yang saya miliki," ujar pengusaha pemilik aset US$ 2,7 miliar tersebut.

Strategi ini menjadi senjata baru Tesla untuk bersaing dalam pasar otomotif global. Seperti diketahui, mobil listrik masih menjadi anak tiri di tengah meriahnya pasar mobil berbahan bakar fosil dan hibrid. Dalam setahun, penjualan mobil listrik hanya berada di kisaran 12 ribu unit atau sekitar 0,1 persen dari total pasar kendaraan. Padahal mobil ini menjadi harapan di tengah menipisnya stok bahan bakar fosil.

FERY FIRMANSYAH

#Mobil Listrik

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi