Mobil Listrik Irit Apatte 62 Telan Rp 289 Juta
Reporter: Tempo.co
Editor: Pruwanto
Jumat, 31 Mei 2013 04:29 WIB
Dua mahasiswa memperbaiki mesin mobil listrik "Aristo" di Gedung Samantha Krida sebelum dibawa ke Malaysia untuk dilombakan, Malang, Jawa Timur (30/5). ANTARA/Ari Bowo Sucipto

TEMPO.CO , Malang:Mahasiswa jurusan Teknik Mesin Universitas Brawijaya Malang akan menyertakan mobil listrik irit Apatte 62 dalam ajang Shell Eco Maratahon Asia 2013 di sirkuit Sepang, Malaysia pada 4-7 Juli 2013.. Untuk merancang mobil yang diklaim hemat energi ini dibutuhkan dana Rp 289 juta.

Dana itu diperoleh dari Universitas Brawijaya dan sponsor.  Universitas Brawijaya mendanai Rp 200 juta. Sisanya dari sponsor. Koordinator tim dan pengemudi Apatte, Agustian Adi Gunawan, Kamis, 30 Mei 2013, mengatakan dana yang besar itu dipakai untuk inovasi kendaraan yang telah menjadi juara tiga Indonesian Energi Marathon Challenge di Surabaya 2012 itu.

Tim telah memangkas beban bodi kendaraan dari semula 60 kilogram menjadi 45 kilogram. Bodi kendaraan diganti dari semula serat fiber menjadi serat karbon yang jauh lebih ringan. (Baca: Adu Super Irit Mobil di Surabaya)

Chassis menggunakan honeycomb panel yang biasa dipakai sebagai komponen lantai pesawat terbang. Bahan ini lebih ringan sekaligus kuat. Rancang bangun kendaraan sejak tahap desain membutuhkan waktu enam bulan. "Sedangkan rancang bangun cukup 1,5 bulan," kata dia.

Rancang bangun kendaraan dilakukan di bengkel GMF Aero Asia (Garuda Indonesia Group). Sejumlah komponen menggunakan konstruksi komponen pesawat terbang. "Kabin sempit, kurang nyaman," kata Agustian. Kendaraan sengaja didesain kecil guna efisiensi konsumsi listrik sesuai materi lomba.

Pembinbing 12 mahasiswa tadi sekaligus Dosen Teknik Mesin, Eko Siswanto menyampaikan material kendaraan teruji kuat dan aman. Kendaraan tersebut telah melalui uji coba dan memenuhi standar keamanan. "Selama proses manufaktur tak ada hambatan yang berarti," kata Eko.

EKO WIDIANTO

Topik Terhangat:Tarif Baru KRL | Kisruh Kartu Jakarta Sehat | PKS Vs KPK | Vitalia Sesha | Ahmad FathanahOTOMOTIF TerpopulerSurakarta Lepas Tangan Penjualan EsemkaAudi Incar 25 persen Pasar SUV MewahCuma 80 Unit, Audi Q5 PI Dibanderol Hampir Rp 1 MKIA Akan Luncurkan Varian Terbaru Carens

#Mobil Listrik
#Universitas Brawijaya

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi