Beli Mobil, Ini Daftar Yang Wajib Dicek
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 2 Juli 2013 12:22 WIB
Pengunjung mengamati deretan mobil mewah yang dipamerkan pada Pameran Otomotif Makassar 2012 di Celebes Convention Center, Makassar, (30/11). TEMPO/Fahmi Ali

TEMPO.CO, Jakarta - Pameo `teliti sebelum membeli` berlaku untuk semua barang, termasuk mobil. Saat hendak membeli tunggangan baru (atau bekas) jangan lupa untuk memeriksa segala kelengkapan, fitur, hingga performa yang ditawarkan.

Sayangnya, banyak orang yang tidak mengetahui daftar ceklis yang harus diteliti saat membeli mobil. Walhasil muncul penyesalan di kemudian hari lantaran mobil yang kadung dibeli ternyata tak sebaik yang diharapkan.

Karena itu, sebelum memboyong mobil ke garasi Anda, ada baiknya mengecek daftar berikut ini.

1. Fitur standar

Kriteria standar saat ini tentu berbeda dengan satu dekade lalu. Pada era 1980-1990an misalnya, tak banyak yang peduli dengan fitur keselamatan semacam kantong udara anti-benturan (airbag) atau rem anti-selip (Anti-lock Braking Systems/ ABS). Kini setelah teknologi semakin murah, fitur tersebut menjadi salah satu yang harus dipenuhi sebuah mobil. Periksa, apakah mobil itu sudah memenuhi fitur yang ditawarkan dalam brosur. Jika anggaran tersedia, beli mobil dengan fitur paling lengkap.

2. Aksesori

Ini adalah fitur opsional atau tambahan tidak terdapat dalam semua varian. Jika Anda ingin menambah aksesori, usahakan pilih yang asli dan sesuai dengan standar dari pabrikan. Tapi ada kalanya saat membeli mobil bekas ada aksesori tidak standar yang sudah kadung terpasang. Jika Anda merasa tidak perlu dengan fitur itu, minta dicopot saja. Desak si penjual untuk memberi Anda diskon karena tidak menggunakan aksesori tersebut.

3. Harga jual kembali (resale value)

Salah satu faktor yang membuat laris satu merk mobil adalah resale value yang tinggi. Sebagai pembeli, ada baiknya Anda memilih merk yang memiliki kelebihan tersebut. Untuk mengetahuinya, cukup membuka daftar harga jual mobil bekas dan memperbandingkan satu merk dengan merk lain. Hal ini penting untuk menjadikan mobil sebagai aset sekaligus investasi yang bernilai.

4. Imbal balik emosional

Bagi pecinta mobil, kenyamanan berkendara adalah segalanya. Banyak yang menganggap mobil ibarat benda hidup yang bisa memberi imbal balik emosional bagi pemakainya. Untuk mengetahui hal semacam ini, Anda harus melakukan test drive dan memperbandingkan setiap mobil. Cari mobil yang paling bisa memenuhi hasrat dan emosi Anda selaku pengguna.

5. Efisiensi bahan bakar

Ini adalah hal terpenting di saat harga bahan bakar melambung. Untuk mengetahuinya, tak cukup dengan membaca brosur. Lakukan test drive di dalam kota dan jalan bebas hambatan. Buktikan apakah konsumsi bahan bakarnya cocok dengan angka yang tertera di dalam brosur.

6. Standar keamanan

Di era internet, cukup mudah untuk mengetahui peringkat keamanan sebuah mobil yang diterbitkan lembaga riset independen. Perbandingkan jumlah "bintang" antar mobil dalam New Car Assessment Program (NCAP) yang diterbitkan lembaga sertifikasi Eropa dan Amerika.

FERY FIRMANSYAH

Berita Otomotif TerpopulerInggris Pecahkan Rekor Mobil Listrik Tercepat  Honda Luncurkan Varian Accord HibridaPenjualan Motor Sport Tak Terpengaruh Mobil MurahFord Tarik 465 Ribu MobilAudi Incar 25 persen Pasar SUV Mewah

#Penjualan Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi