Koleksi Berharga : Sedan Konvertibel Klasik
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 2 Juli 2013 13:44 WIB
Mobil klasik Chevrolet Bell Air Convertible 1957 saat dipamerkan di Road to The 6th Otoblitz International Classic Car di Hall Grand City, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (9/11). TEMPO/Fully Syafi

TEMPO.CO, Jakarta - Sedan dengan atap buka-tutup alias konvertibel adalah salah satu artefak otomotif yang paling berharga. Karena lekat dengan citra mewah dan teknologi canggih, sedan jenis ini menjadi barang koleksi sepanjang masa.

Bagi kolektor mobil, belum lengkap rasanya jika belum memiliki sedan konvertibel. Sebab, mobil ini biasanya menjadi model flagship alias unggulan satu pabrikan untuk mengukuhkan posisi merknya. Harganya jangan ditanya, pasti lebih mahal dibandingkan varian yang sama namun dalam versi reguler non-konvertibel. Hukum ini berlaku untuk mobil klasik maupun canggih.

Apa saja sedan konvetibel klasik yang paling berharga untuk dikoleksi? Berikut daftarnya seperti dirilis Situs MSN Autos.

1. Ford Thunderbird 1955-1957

Ford merilis model ini untuk menyaingi Chevrolet Corvette. Meski begitu, Ford melabeli Thunderbird generasi I sebagai sedan mewah personal, bukan mobil sport seperti Corvette. Sedan ini pun diklaim memiliki desain dengan kenyamanan dan kemewahan pribadi yang luar biasa.

2. Chevrolet Bel Air 1957

Ini adalah sedan konvertibel paling populer sepanjang masa. Chevrolet Bel Air telah membintangi ratusan film, acara televisi, hingga melengkapi model foto artis ternama. Karena modelnya dianggap tak lekang oleh zaman, mobil ini menjadi salah satu item paling layak dikoleksi.

3. Cadillac Eldorado 1959Cadillac Eldorado menjadi terkenal dan dikenang orang lantaran fitur sirip dan buntut (fins and double taillights) yang khas. Pada masanya, sedan ini dianggap paling canggih dan menandai dimulainya era roket dan antariksa (space-age rocket ship). Dengan dimensi panjang 19 kaki dan lebar 6 kaki, Cadillac Eldorado dijuluki yacht atau kapal pesiar versi jalanan.

4. Ferrari 250 GT California Spyder 1961

Ferrari mendesain mobil ini untuk diekspor ke Amerika Serikat dengan jumlah terbatas. Karena hanya ada 50 unit, harga mobil ini sangat mahal. Dalam lelang barang-barang antik, sedan ini dihargai US$ 10 juta atau sekitar Rp 100 miliar.

5. Chevrolet Corvette 1962

Mobil kelahiran Detroit ini unggul dengan fitur mesin gambot. Pada masanya, mobil ini mengusung mesin V8 dengan opsi fuel injection. Lebih canggih ketimbang mobil-mobvil sport pada zamannya.

FERY FIRMANSYAHTopik TerhangatTarif Progresif KRL |Bursa Capres 2014 |Ribut Kabut Asap| PKS Didepak?| Puncak HUT Jakarta

Berita terpopluer: Cara Kepolisian Tutupi Kasus Upaya Suap AnggotanyaPetinggi Polisi Minta Kasus Suap Tidak Bocor Luthfi Hasan Tuding KPK Ingin Hancurkan PKS Bupati Rote Bantah Roy Suryo Marah-marah di Hotel Stasiun UI Masih Gunakan Tiket Kertas Polisi: Laporan Wartawati Korban Perkosaan Janggal

Otomotif Terpopuler

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi