Hamilton Tercepat di Grand Prix Hungaria
Reporter: Tempo.co
Editor: Agus baharudin olahraga
Minggu, 28 Juli 2013 21:45 WIB
Pebalap Mercedes Lewis Hamilton berhasil meraih posisi pole di depan pebalap Red Bull Sebastian Vettel (kiri) dan Mark Webber dalam sesi kualifikasi Grand Prix Jerman di sirkuit Nuerburgring, Sabtu (6/7). REUTERS/Wolfgang Rattay

TEMPO.CO, Budapes - Lewis Hamilton, pembalap tim Mercedes asal Inggris, tampil fantastis memimpin sejak start hingga finis menjuarai Grand Prix Formula1 Hungaria di Sirkuit Hungaroring menempuh jarak 306.663 kilometer dalam 70 putaran, kemarin.

Pembalap Tim Red Bull Racing-Renault asal Jerman, Sebastian Vettel, tercecer di urutan ketiga. Padahal Vettel yang start di urutan kedua, sejak kualifikasi difavoritkan menjuarai seri kesepuluh musim balap Formula1 2013.

Posisi kedua ditempati pembalap kawakan asal Finlandia yang memperkuat Tim Lotus-Renault, Kimi Raikkonen. Dengan demikian tiga tempat di podium diisi oleh tiga mantan juara dunia Formula1. Hamilton merupakan juara Formula 1 pada 2008. Raikkonen pada 2007, dan Vettel pada 2010, 2011, 2012.

Pertarungan sengit terjadi sejak start, ketika Hamilton melesat lurus di posisi terdepan. Vettel yang start kedua di posisi kanan melahan melaju cepat ke jalur kiri sehingga nyaris bertabrakan dengan pembalap Prancis yang memperkuat Tim Lotus-Renault, Romain Grosjean.

Setelah melewati tikungan pertama, Hamilton praktis memimpin dan tak terkejar oleh siapa pun. Satu-satunya “gangguan” bagi Hamilton terjadi pada putaran ke-51 ketika ia masuk pitstop untuk mengisi bahan bakar dan mengganti ban.

Saat Hamilton keluar pit, dari arah belakang datang pembalap Australia yang memperkuat Tim Red Bull Racing-Renault, Mark Webber. Hamilton sempat memacu mobilnya mendekati tikungan pertama setelah pitstop, namun Webber tak mau kalah menggenjot mobilnya hingga mendahului Hamilton.

 

Tetapi persaingan tak berhenti di situ, Hamilton terus memepet Webber dan dapat mendauluinya pada dua putaran berikutnya. Hamilton tak memberikan ruang bagi Webber untuk kembali mendahukuinya hingga Webber sempat keluar lintasan sebelum kemudian dapat masuk kembali ke lintasan dan melanjutkan lomba.

Upaya luar biasa juga dilakukan Vettel pada dua putaran terakhir, 69 dan 70, untuk mendahului Raikkonen yang ada di depannya. Vettel sempat memepet Raikkonen di satu tikungan dan hendak memotongnya. Namun Raikkonen tak memberinya ruang cuma-cuma.

Raikkonen memepetkan mobilnya sambil tancap gas sehingga Vettel harus menyingkir hingga sedikit keluar lintasan. Kejadian ini malahan merugikan Vettel sendiri yang sedikit memaksakan diri padahal posisinya kurang menguntungkan. Hal ini justru membuat Raikkonen memercepat laju mobilnya dan lebih mewaspadai Vettel.

Hingga putaran terakhir Raikkonen tak memberi kesempatan sedikit pun pada Vettel untuk menyalipnya. Vettel akhirnya harus puas mencapai garis finis di urutan ketiga di belakang Raikkonen.

Balapan kemarin juga sempat diwarnai terbakarnya mesin mobil pembalap Finlandia di Tim Williams-Renault, Valtteri Bottas dan pembalap Jerman di Tim Mercedes, Nico Rosberg. Bottas sempat menepikan mobilnya saat asap tebal keluar dari mesinnya sebelum menimbulkan kebakaran kecil pada putaran ke-45. Sementara Rosberg juga membawa mobilnya keluar lintasan menuju jalur pengaman begitu asap putih tebal keluar dari mesin mobilnya dan disusul api lumayan besar pada putaran ke-66.

Petugas pengaman lintasan berhasil memadamkan api pada mobil kedua pembalap sehingga tidak mengganggu lomba.

FRMULA1 | AGUS BAHARUDIN

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi