BMW X5 Hibrida Segera Meluncur
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Senin, 26 Agustus 2013 14:08 WIB
BMW X5 ini adalah produk SUV pertama yang dibuat oleh raksasa otomotif asal Jerman dengan tingkat kemewahan mobil sedan. BMW X5 XDrive35d menggunakan mesin yang mampu menghasilkan daya sebesar 265 tenaga kuda. netcarshow.com

TEMPO.CO, Frankfurt - Bayerische Motoren Werke (BMW) AG segera meluncurkan konsep sport utility vehicle(SUV) terbaru mereka, BMW X5 Hybrid. Purwarupa mobil bertenaga baterai dan mesin ini akan dipamerkan di ajang Frankfurt AutoShow ke 65, pada September 2013.

Autoweek mengabarkan mobil konsep BMW X5 eDrive adalah mobil SUV hibrida kedua yang diluncurkan BMW. Sebelumnya BMW memperkenalkan konsep e-drive melalui SUV Active Tourer pada 2012. Mobil-mobil ini menggunakan sistem kemudi all-wheel-drive xDrive.

Kemungkinan BMW X5 eDrive menggunakan mesin bensin 4 silinder dengan teknologi TwinPower Turbo. Mesin ini bersanding dengan motor listrik bertenaga 95 daya kuda. BMW sesumbar mobil ini bisa melaju sejauh 30 kilometer dengan tenaga listrik. Laju SUV ini bisa dibesut hingga 120 kilometer per jam! Cocok untuk masuk kelas mobil sport.

Keistimewaan lain BMW X5 Hybrid adalah desainnya. Baterai bertegangan tinggi yang menggerakan mobil ini dipasang tersembunyi sedemikian rupa sehingga bebas dari ancaman benturan dan ledakan akibat hubungan arus pendek (korslet). Ini menghilangkan kekhawatiran pengguna mobil listrik yang takut kendaraannya akan korslet jika mesinnya kerap terkena air atau benturan. 

Ada tiga opsi yang ditawarkan BMW dalam mobil konsep ini. Opsi pertama adalah tenaga penggerak hibrida yang memadukan kegarangan mesin bensin dan performa motor listrik hemat bahan bakar. Yang kedua adalah opsi full electric, dimana mobil sepenuhhnya digerakkan oleh motor listrik bertenaga baterai yang hemat energi. Opsi lain adalah economy mode yang menjaga performa baterai pada level tertentu.

Dalam pernyataan tertulis, BMW mengatakan secara umum konsumsi bahan bakar BMW X5 eDrive cukup efisien. Jika dirata-ratakan, konsumsi bahan bakar mobil ini bisa mencapai 89,2 mil per galon. Bobotnya pun cukup ringan meski tidak menggunakan material rangka serat karbon ultra-ringan. Belum diketahui, kapan BMW X5 EDribve masuk dapur produksi dan meluncur di dealer-dealer.

FERY FIRMANSYAH

Berita terpopuler:

Metallica Hanya Minta 7 Pertanyaan  Undang Metallica, Setiawan Djodi Dimarahi Pak Harto  Metallica Cuci Muka di Hotel BidakaraJokowi Datang, Penonton Metallica HebohNonton Metallica, Jokowi Dikawal Provos

#Mobil Listrik

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi