Ini Spesifikasi Agya, Mobil Murah Toyota  
Reporter: Tempo.co
Editor: Nurdin Saleh TNR
Senin, 9 September 2013 17:39 WIB
Pengumuman kolaborasi Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla di Jakarta, Rabu (19/9). TEMPO/Eko Siswono Toyudho

TEMPO.CO, Jakarta - PT Toyota Astra Motor akhirnya meluncurkan mobil murah ramah lingkungan (low cost green car) Senin, 9 September 2013. Mobil yang dinamai Astra Toyota Agya ini sudah mulai dipasarkan dan dibanderol pada kisaran Rp 99 juta-Rp 120 juta on the road.

"Kami meminta maaf pada customer karena sudah banyak yang menunggu dari Oktober-November tahun lalu. Tidak ada kepastian dan akhirnya sekarang ada kepastian. Kami bersyukur akhirnya dapat memenuhi permintaan pelanggan," kata Presiden Direktur TAM, Johnny Darmawan, saat peluncuran di Senayan, Senin, 9 September 2013.

Toyota menawarkan tiga tipe Agya. Pertama, varian Medium Grade (E), kedua, High Grade (G), dan yang terakhir atau yang termahal, TRD Sport. Agya mengusung mesin 1 KR DOHC 998 cc, dengan 3 cylinder in line 12 valves. Daya maksimal mencapai 65,3 ps dengan 6.000 RPM, sementara torsi maksimal adalah 8,8 Kgm pada 6.000 RPM. Konsumsi bensin adalah 1 liter per 21 kilometer saat diuji coba di laboratorium.

Untuk varian High Grade dan TRD Sport, Agya dilengkapi dengan fitur Chrome A/C Register, Chrome list combination meter, dan 2 Din Audio CD/MP3/USB/Aux, chrome parking brake knob. Kedua varian ini juga dilengkapi dengan electric outer mirror, 6 spoke alloy wheel 175/65 R14, headlamp, serta foglamp dengan aksesoris krom. Untuk varian medium grade, Agya dilengkapi fitur speedometer dan 1 Din Audio CD/MP3?USB/Aux.

Dari segi desain, Toyota menampilkan desain yang memberi kesan dinamis, efisien, dan kuat pada mobil compact car ini. Nuansa Indonesia juga tercermin dari logo Garuda pada bagian depan mobil. Nama Agya sendiri juga diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya 'cepat'. "Ini juga merupakan sebuah perjuangan karena biasanya principal menolak memberikan merek dengan nama Indonesia. Namun, untuk Agya ini adalah pengecualian," kata Johnny.

Direktur Penjualan TAM, Rachmat Samulo, mengatakan Toyota meluncurkan Agya di tengah kebutuhan mobil yang semakin meningkat serta pertumbuhan kelas menengah Indonesia yang juga semakin pesat. "Agya lahir di tengah kondisi ekonomi yang baik demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan mobil yang juga meningkat," katanya.

Mobil berkapasitas enam penumpang ini tersedia dalam enam pilihan warna, yaitu putih, silver metalik, hitam, abu-abu metalik, light blue, dan biru metalik. Dengan pasar mobil yang terus berkembang serta harga Agya yang murah serta penggunaan bahan bakar yang irit, Toyota yakin Agya akan laku di pasar otomotif Indonesia.

Berikut detail harga Agya:Varian E MT: Rp 99,9 jutaVarian E AT: Rp 110,25 jutaVarian G MTI Rp 106,65 jutaVarian G AT: Rp 116,25 jutaVarian TRD S MT: Rp 111,15 jutaVarian TRD S AT: Rp 120,75 juta

ANANDA TERESIA

Berita Otomotif Lain:Mobil Murah Ayla Ditargetkan Terjual 3.000/bulanToyota Tarik 369 Ribu Kendaraan di DuniaCrossover Infiniti dan Mercedes Bakal Satu Pabrik

#Low Cost Green Car | LCGC | Mobil Hijau
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi