Menperin: Mobil Murah Lindungi Pasar Otomotif  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rachma Tri Widuri Staf Redaksi
Senin, 9 September 2013 19:13 WIB
Pengunjung mengamati deretan mobil mewah yang dipamerkan pada Pameran Otomotif Makassar 2012 di Celebes Convention Center, Makassar, (30/11). TEMPO/Fahmi Ali

TEMPO.CO, Jakarta -Menteri Perindustrian, Mohamad Suleman Hidayat, menyambut baik optimisme para Agen Pemegang Merek dalam memproduksi dan menjual mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car).

"Saya bersyukur meskipun dalam situasi ekonomi tidak bagus mereka tetap confident. Saya kira produksi 20 ribu hingga akhir tahun karena kondisi ekonomi. Tapi ternyata lebih," katanya di Kompleks Parlemen Senayan, Senin, 9 September 2013.

Hari ini Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor meluncurkan mobil hijau dan hemat mereka. Toyota Astra Motor menargetkan bisa menjual 15 ribu unit hingga akhir tahun, sementara Daihatsu menargetkan bisa memproduksi hingga 30 ribu unit, termasuk Agya dan Ayla. Hidayat mengatakan optimisme tersebut merupakan sebuah bentuk kepercayaan pada pasar otomotif lokal.

Pemerintah, kata Hidayat, juga menyambut baik peluncuran mobil LCGC yang dilakukan pada tahun ini. Karena kalau tidak, tahun depan akan masuk mobil LCGC produk Thailand. Peluncuran LCGC tahun ini, kata dia, merupakan sebuah langkah untuk memproteksi industri otomotif dalam negeri. "Kalau tidak diluncurkan tahun ini tahun depan akan masuk impor dari Thailand. Ada permintaan izin masuk pasar pada kami. Kami akan menolaknya untuk melindungi investasi dalam negeri," katanya.

Mengenai harga jual LCGC yang berkisar antara Rp 80-Rp 120 juta, Hidayat mengatakan penentuan harga akan tergantung dari permintaan dan penawaran mobil. Menurut dia, jika permintaan turun maka APM tidak akan berani menaikkan harga sementara jika permintaan naik maka APM cenderung menaikkan harga. Hidayat mengatakan harga LCGC yang mendekati Rp 100 juta tidak akan berpengaruh pada penjualan LCGC.

ANANDA TERESIA 

Terhangat:Tabrakan Anak Ahmad Dhani| Jokowi Capres?| Miss World| Penerimaan CPNS Suriah Mencekam

Berita Terpopuler:Bagaimana Dul Mengendarai Mobil? Ini Kata Temannya Tabrakan Jagorawi, Ada Catatan Fisika di Mobil DulPesan Terakhir Salah Satu Korban Tabrakan JagorawiKronologi Tabrakan Jagorawi Melibatkan Anak Dhani2 Tweet Ahmad Dhani Setelah Tabrakan Jagorawi

 
#Low Cost Green Car | LCGC | Mobil Hijau
#Kementerian Perindustrian
#Mohammad Suleman Hidayat | M.S. Hidayat

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi