Kasus Dul, Ini Sejarah Mitsubishi Lancer Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Hadriani Pudjiarti
Sabtu, 14 September 2013 16:20 WIB
Mitsubishi Lancer EX 2.0 G Smart Driving Experience 2011 (Dok. KTB)

TEMPO.CO, Jakarta - Kecelakaan maut di jalan tol Jagorawi menewaskan tujuh orang, Ahad, 8 September 2013. AQJ alias Dul, anak musikus Ahmad Dhani, yang baru berusia 13 tahun terlibat dalam kecelakaan tersebut. Dul menggunakan Lancer EX yang diduga menabrak pembatas jalan dan keluar jalur.

Dul menggunakan Mitsubishi Lancer EX hitam dengan nomor polisi B 80 SAL. Mobil ini terlibat kecelakaan dengan mobil Daihatsu Grand Max B 1349 TEN dan Toyota Avanza B 1882 UZJ. Dari berbagai foto kecelakaan maut yang menyebar, mobil Dul ringsek dan rusak parah. Dul selamat dan mengalami patah kaki dalam kecelakaan itu dan hingga kini masih dalam perawatan di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Mengulas mobil yang dikendarai Dul menarik untuk mengetahui bagaimana sejarah tunggangan si Dul ini? Lacer adalah salah satu produk dari Mitsubishi Motors. Lancer sendiri dirancang sebagai mobil keluarga. Di Indonesia, Lancer masuk secara resmi melalui PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor pada tahun 1981 sebagai sedan kecil di masa itu yang memang mengincar pangsa pasarnya kaum muda.

Lancer SL diluncurkan pada 1981 dengan hanya 1 model, yaitu 1400SL, menggunakan mesin 1400cc berteknologi silent shaft, transmisi lima percepatan. Mobil tersebut sukses mengganggu kepemimpinan rivalnya, Corolla DX. Tiga kali mengalami minor facelift sebelum akhirnya stop produksi pada 1984.

Dengan masa produksi dari 1984 sampai 1987. Lancer ini ditawarkan dalam dua model, yaitu sedan dan hatchback. Keduanya bermesin 1500cc 5speed. Perbedaan antara model sedan dan hatchback terletak pada indikatornya, jarum analog pada sedan, dan angka digital pada model hatchback. Sayangnya, keduanya termasuk model yang gagal pasar.

Lancer Dan Gan diproduksi mulai tahun 1987. Kemudian pertama diluncurkan bermesin 1600cc SOHC karburator (GLX). Hingga akhirnya mengalami facelift pada 1989 dengan minor change pada eksterior dan fully new engine dengan 1600cc DOHC injeksi berlabel varian GTi. Produksinya berakhir pada 1992.

Dalam perjalanan waktu berikutnya, tahun 1992, diluncurkan Lancer Le-Dan Gan yang hadir dengan 3 varian, yaitu GLX (1500cc SOHC karburator MT/AT), GLXi (1600cc SOHC injeksi), GTi (1800cc DOHC 16V injeksi). Varian GTi merupakan varian Lancer DOHC terakhir yang dipasarkan di Indonesia.

Kemudian di tahun 1997, Lancer hadir dengan 2 varian saja, GLXi dan SEi. Mesin yang digunakan pada dua model tersebut sama, yakni 1600cc ECI Multi 16 valve. Perbedaan ada pada eksterior dan fitur. Tipe SEi dilengkapi dengan spoiler depan, belakang, dan samping; airbags; foglamps; dan garnish belakang. Pada akhir 2001, dihadirkan facelift yang mengambil dari versi Filipina. Headlamp one piece, bumper yang menonjol, grill vertikal, dan chrome. Versi facelift ini hadir juga dalam dua tipe, yaitu GLXi dan SEi. Perbedaannya sama seperti versi sebelumnya. Pada 2002 awal, diluncurkan facelift terakhir 1.6 A/T Sportmode

Yang fantastis adalah suksesnya New Lancer yang diluncurkan pada 2002 dengan dua opsi, yaitu INVECS III 1.8 CVT SEi & 1.6 GLXi yang produksinya berakhir pada 2007.

Lalu di tahun 2008, diluncurkan Lancer EX yang hadir dengan hanya satu trim saja, 2.0 GT. Bersenjatakan mesin inline 4 berkode 4B11 berteknologi MIVEC DOHC. Mobil ini bernama asli Galant Fortis, dirancang sebagai penerus generasi Galant dan platform baru bagi Evolution series yang biasanya menggunakan Lancer sebagai basisnya. Entah karena pengaruh nama Galant yang "selalu gagal", atau karena faktor lainnya, KTB memutuskan menjual Galant Fortis di Indonesia dengan nama Lancer. Hal ini pun dilakukan oleh negara lain sehingga nama Galant Fortis hanya digunakan di Jepang. Di semua negara lain yang menjualnya, mobil ini bernama Lancer.

Selanjutnya, setelah tertinggal 16 tahun dan 9 generasi, Lancer Evolution X lalu masuk secara resmi ke Indonesia. Walau hanya satu varian saja yang ditawarkan, yaitu Transmisi Twinclucth SST 6speed, tapi peluncuran Evolution ini pasti sangat memuaskan hasrat para pecinta sedan Mitsubishi.

Benar saja, musikus ternama seperti Ahmad Dhani pun terpincut dengan mobil ini hingga menghadiahkan untuk putra bungsu tercintanya AQJ alias Dul. Pada perayaan ulang tahun Dul yang ke 13 pada 23 agustus lalu, mobil yang memang pas untuk tunggangan kaum muda ini menjadi kado istimewa ulang tahunnya. Meski diakui Dhani hadiah mobil tersebut lungsuran atau pernah dipakai kakaknya, Al, dan tak pernah terduga mobil Lancer EX B-80-SAL ini akhirnya menjadi penyebab kecelakaan di tol Jagorawi pada Ahad lalu, 8 September, lalu.

HADRIANI P/ Berbagai SumberTopik Terhangat

Berita Terpopuler:Penembakan Polisi Tabrakan Anak Ahmad Dhani Pencurian Artefak Museum Gajah Jokowi Capres? Miss World

#Tabrakan Maut Pondok Indah
#Ahmad Dhani

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi