Ekspor LCGC, Daihatsu Incar Pasar Asia-Afrika  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Jumat, 20 September 2013 15:20 WIB
Sejumlah tamu undangan melintasi mobil Daihatsu AYLA saat peluncuran di Hotel Kempinski, Jakarta, (9/9). Daihatsu AYLA yang merupakan city car irit ini dijual dengan harga 76 juta hingga 106 jutaan. Tempo/Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor berencana mengekspor mobil yang masuk dalam skema kendaraan murah dan ramah lingkungan (low cost green car/ LCGC). Menurut Presiden Direktur Astra Daihatsu, Sudirman Maman Rusdi, perusahaannya sudah mendapat izin untuk mengekspor LCGC. "Kami tawarkan ke beberapa negara di Asia, Afrika dan Amerika Latin," kata dia di arena Indonesia International Motor Show 2013, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 20 September 2013.

Seperti ditekahui, Astra Daihatsu maju dalam program LCGC dengan city car Astra Daihatsu Ayla. Sudirman mengatakan beberapa negara sudah memberi tanggapan positif tentang rencana ekspor LCGC Indonesia meski belum membicarakan teknisnya. Astra Daihatsu pun bersiap menambah kapasitas produksi LCGC jika ada permintaan ekspor signifikan. Akan tetapi, Sudirman mengatakan sepanjang 2013 kapasitas produksi pabriknya masih dibatasi hingga 30 ribu unit. "Produksinya diharapkan segera terserap."

Pada 2014, jika ekspor sudah terealiasi, Astra Daihatsu secara bertahap akan menambah kapasitas produksi sesuai permintaan. Sudirman memperkirakan jika jam kerja staf produksi ditambah, maka kapasitas produksi pabrik bisa meningkat 15 persen dari produksi normal.

Di samping menambah produksi, Astra Daihatsu akan menyesuaikan spesifikasi LCGC yang diekspor. Menurut Sudirman LCGC yang diekspor kemungkinan mengadopsi standar emisi Euro 4. Dia juga optimistis LCGC Indonesia bisa bersaing dengan buatan Thailand lantaran berada di kelas yang berbeda. 

Pada Kamis, 19 September 2013, Menteri Perindustrian Mohamad Suleman Hidayat mengatakan akan mengekspor mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) mulai 2014. "Saya sudah bicara dengan para produsen, mereka siap," kata dia seusai pembukaan IIMS 2013.

Hidayat mengatakan akan mengekspor LCGC ke beberapa negara tetangga, seperti Thailand dan Malaysia. Setelah merambah Asia Tenggara, LCGC buatan Indonesia akan dipasarkan ke seluruh dunia. Namun Hidayat tidak bisa memperkirakan jumlah dan nilai ekspor LCGC. "Yang jelas, kita harus mulai berpikir untuk bersaing dengan Thailand yang sudah lebih dulu memproduksi LCGC," ujarnya.

ANANDA TERESIA

Topik TerhangatTabrakan Anak Ahmad Dhani | Mobil Murah | Penembakan Polisi | Miss World | Info HajiBerita TerpopulerDana Ngunduh Mantu Anang-Ashanty Tak Masuk KONI Selain ke PKS, Ilham Setor Rp 2,5 M ke HanuraBPK: Ada Penyimpangan di Pengadaan Soal UN TVRI Dinilai Lancang Siarkan Utuh Konvensi 

#Penjualan Mobil
#PT Astra Internasional Tbk.

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi