Peluang Membendung Marquez, Ini Kata Yamaha
Reporter: Tempo.co
Editor: Nurdin Saleh TNR
Selasa, 5 November 2013 18:03 WIB
Pebalap Yamaha MotoGP Jorge Lorenzo (tengah) melakukan selebrasi setelah memenangkan seriGrand Prix Jepang, di sampin pebalap Honda MotoGP Marc Marquez (kiri) dan Dani Pedrosa di atas podium, Motegi, utara Tokyo, Jepang, Minggu (27/10). REUTERS/Toru Hanai

TEMPO.CO, Valencia - Motor pabrikan Yamaha berharap pembalapnya Jorge Lorenzo bisa mempertahankan gelar juara dunia tahun ini. Manajer tim Wilco Zeelenberg optimistis Lorenzo bisa mengubah posisi teratas klasemen di akhir balapan nanti.

“Kami harus optimis dan bisa meraih kemenangan di Valencia,” kata Zeelenberg kepada BBC. Sejauh ini perbedaan poin antara Lorenzo dengan Marc Marquez sang pemimpin klasemen ialah 13 poin. Sementara bagi Dani Pedrosa, dengan selisih 38 poin, sudah tidak mungkin menghalangi Marquez untuk menjadi pembalap terbaik tahun ini.

Di atas kertas, Marquez hanya perlu finis minimal di urutan keempat jika ingin merebut gelar juara dunia pertamanya di MotoGP. Sementara bagi Lorenzo, podium pertama sudah menjadi harga mati jika gelar juara ingin tetap berada digenggamannya. Dengan finis terdepan ia pun baru bisa juara bila Marquez gagal masuk empat besar.

Zeelenberg menambahkan, ketika Lorenzo mengalami kecelakaan dan absen di seri Sachsenring, Jerman kru Yamaha terus memupuk keyakinan kalau gelar juara masih terbuka lebar. Sementara bagi Marquez, absennya Lorenzo dan Pedrosa ketika mengalami cedera bahu, membuat ia semakin mendominasi balapan selepas seri Jerman.

Marquez sukses memperlihatkan penampilan yang konsisten dengan selalu berada di posisi tiga besar. Kendati Marquez hanya memenangi enam seri dan Lorenzo sudah tujuh kali, pundi-pundi angka pembalap Repsol Honda itu lebih unggul. Ia hanya gagal memetik angka di Sirkuit Mugelo karena terjatuh dan Phillip Island lantaran terkena sanksi diskualifikasi.

“Jika Marquez cerdik dan tidak membuat kesalahan akan menjadi misi yang sulit bagi kami untuk merebut gelar juara,” kata Zeelenberg. Namun Yamaha tidak mau menyerah karena segala hal bisa terjadi dalam balapan MotoGP.

Sama seperti yang terjadi pada 2006 dimana Valentino Rossi yang unggul delapan poin dari peringkat kedua Nicky Hayden terjatuh ketika berada di putaran kelima. Meski hanya finis di urutan ketiga, Nicky Hayden tetap keluar sebagai juara dunia 2006 mengalahkan Valentino Rossi yang finis di urutan ke-13. Uniknya, penentuan gelar juara itu terjadi di Sirkuit Valencia.

Lorenzo sendiri pada musim lalu gagal finis di seri Valencia lantaran mengalami kecelakaan. Pembalap Honda Dani Pedrosa yang akhirnya sukses naik ke podium pertama.

Klasemen tiga pembalap: 1. Marc Marquez 318 poin2. Jorge Lorenzo 305 poin3. Dani Pedrosa 280 poin

BBC | ADITYA BUDIMAN

Berita terpopuler:Andres Iniesta Jadi Bintang FilmData dan Fakta Juventus Vs Real MadridJuventus Tak Boleh Kalah Lagi dari MadridHadapi Madrid, Conte: Ini Pertandingan KlasikLawan Juventus, Real Madrid Rotasi Pemain

#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi