Vettel Start Terdepan di Brasil  
Reporter: Tempo.co
Editor: Nurdin Saleh TNR
Minggu, 24 November 2013 12:55 WIB
Sebastian Vettel. REUTERS/Toru Hanai

TEMPO.CO, Sao Paulo - Sebastian Vettel, yang sudah memastikan gelar juara dunia, masih mendominasi sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Interlagos Brasil, Ahad, 24 November 2013.

Pembalap Red Bull ini menjadi yang tercepat sekaligus merebut pole position dengan catatan waktu 1 menit 26,479 detik. Dengan merebut posisi start pertama di seri penutup musim 2013, itu artinya Vettel sudah sembilan kali merebut pole position.

Sementara itu, pembalap Mercedes Nico Rosberg menempati posisi kedua dengan selisih waktu 0,623 detik. Tempat ketiga direbut Fernando Alonso dari Ferrari dengan selisih 1,060 detik. Di urutan berikutnya ada Mark Webber, Lewis Hamilton, dan Romain Grosjean.

Memacu kendaraan di lintasan basah tidak membuat Vettel terganggu. Ia sendiri mengaku terkejut dengan hasil tersebut karena, menurut dia, persaingan merebut pole akan ketat di tengah kondisi lintasan yang basah.

Vettel mengatakan keberhasilan merebut pole position tidak lepas dari ketepatan memasuki lintasan dan jenis ban yang digunakan. "Meski lintasan tidak terlalu mendukung, tapi saya melakukan kualifikasi dengan bagus,"  ucap Vettel, kepada Formula 1, Sabtu, 23 November 2013 waktu Brasil.

Juara dunia empat kali ini menambahkan balapan dinihari nanti akan tergantung kepada fleksebilitas kru menghadapi situasi yang kerap berubah-ubah.  Bisa saja balapan besok berjalan dalam kondisi kering," kata Vettel.

Senada dengan Vettel, Fernando Alonso menyatakan cuaca di Interlagos kerap berubah-ubah. Namun, ia mengaku senang dengan kondisi lintasan yang basah sebab Ferrari bisa lebih kompetitif. "Setelah beberapa seri berlalu, saya senang bisa masuk tiga besar kembali di posisi start,"  ucap Alonso.

Alonso mengaku sebenarnya ia bisa merebut tempat kedua jika tidak melakukan kesalahan di tikungan keempat. Kehilangan waktu sepersekian detik membuat ia terlempat ke posisi ketiga. "Untuk balapan besok saya pikir semua kru harus fokus karena faktor cuaca yang tidak konsisten akan berpengaruh ke strategi lomba," tuturnya.

FORMULA 1 | AUTOSPORT | ADITYA BUDIMAN

Baca Juga:

Liga Inggris | Liga Spanyol | Liga Italia | Liga Champions | Piala Dunia 2014 | Transfer Pemain

Berita Terpopuler: Otot Paha Messi Sobek 6 Sentimeter Pulih, Fletcher Diyakini Jadi Pemain Besar di MU Messi Akan Tinggalkan Barcelona Musim Depan? Cedera, Diego Michiels Akan Absen Dua Pekan Wenger: Arsenal Pelajari Kekalahan dari MU

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi