Honda Siapkan Mobil Mini
Reporter: Tempo.co
Editor: Rachma Tri Widuri Staf Redaksi
Senin, 25 November 2013 12:36 WIB
Honda. REUTERS/Luke MacGregor

TEMPO.CO, Tokyo - Pabrikan otomotif Jepang, Honda Motor Co Ltd, menyiapkan mobil mini elektrik untuk komuter jarak pendek. Mobil yang sekilas tampak seperti SmartCar ForTwo itu dirilis Selasa pekan lalu. Mobil yang biasa disebut micro commuter ini diberi nama MC-beta. Mobil tersebut ditujukan buat pasar Jepang dan Eropa, terutama kota-kota yang jalannya makin padat dengan lahan parkir yang makin sempit.

Namun, Honda menyatakan belum akan merilis mobil ini ke pasar. Mereka masih mendiskusikan mobil ini dengan Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang. Mereka akan mengetes mobil ini di tiga wilayah, yaitu prefektur Kumamoto, Kota Saitama, dan Miyakojima. Honda akan mengeksplorasi pola penggunaan yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen untuk produk mobilitas berukuran mikro yang akan membantu perencanaan tata kota dan transportasi di masing-masing wilayah.

Dibanding micro commuter lain, Honda menjanjikan mobil ini bakal berukuran 90 sentimeter lebih pendek. Namun, mobil ini  tetap menyediakan kabin yang lega buat dua orang dewasa. MC beta memiliki dimensi 2.495 x 1.280 x 1.545 mm. Dengan bobot kurang dari 400 kilogram, MC beta bisa dipacu hingga 70 kilometer per jam. Dengan sumber tenaga batere lithium-ion, kendaraan ini dapat merengkuh jarak 80 kilometer sekali isi batere. Dengan model input listrik AC 100V/200V, butuh waktu tiga-tujuh jam untuk mengisi baterai. Hingga kini, belum ada keterangan resmi perihal harga MC beta.

NUR ROCHMI | ENGADGET | HONDA

#Mobil Listrik
#Honda

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi