Volvo Akan Uji 100 Mobil Nir-Sopir  
Reporter: Tempo.co
Editor: Yandi M rofiyandi TNR
Rabu, 4 Desember 2013 09:52 WIB
Logo Volvo. REUTERS/Kim Kyung-Hoon

TEMPO.CO, Gothenburg - Raksasa otomotif Swedia, Volvo, akan menguji kendaraan tanpa sopir pada 2017. Proyek mobil otonom dengan nama Drive Me ini akan menguji mobil di sepanjang 50 kilometer jalan yang dipilih di Kota Gothenburg, Swedia. Jalan yang dipilih beragam, mulai yang lengang, macet, hingga jalan tol. Percobaan berskala besar ini dirancang agar mobil kelak sepenuhnya terhindar dari kecelakaan.

Proyek yang didukung pemerintah Swedia ini bertujuan mengeksplorasi manfaat sosial dari mobil nirsopir serta menghindari kecelakaan dan stres dalam perjalanan. Hakan Samuelsson, Presiden dan CEO Volvo Car Group, mengatakan, mobil ini merupakan bagian terpadu dari Volvo Car Group dan visi pemerintah Swedia tentang bebas kecelakaan di jalan raya. "Ini akan memberi kita wawasan tentang tantangan teknologi, dan apda saat yang sama kita mendapatkan umpan balik yang berharga dari pelanggan nyata tentang mengemudi di jalan umum," kata dia, Rabu, 4 Desember 2013. 

Mobil-mobil yang akan diuji coba adalah mobil berbasis Volvo XC90. Mobil ini dilengkapi sensor, kamera, dan GPS untuk menganalisis lalu lintas di sekitar sehingga bisa menavigasi jalan dengan aman bahkan memarkir sendiri.

Volvo percaya mobil otonom akan membuat pengemudi tetap aman walau sambil menelepon atau bersantai di mobil saat perjalanan. Volvo mengklaim itu adalah proyek percontohan mengemudi otonom skala besar pertama di jalan umum yang akan melihat apakah teknologi dapat mengatasi ruwetnya lalu lintas di kota yang ramai. "Teknologi kami bisa menangani semua kondisi lalu lintas," kata Erik Coelingh, ahli teknis di Volvo Car Group.

NUR ROCHMI | DAILYMAIL

Berita terkait:New Nissan March Resmi DiluncurkanDekati Pasar, GM Pindah Kantor ke SingapuraHonda Siapkan Mobil Mini

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi