Karena Mobil Ini, Toyota Jadi Raja Otomotif  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Jumat, 24 Januari 2014 09:00 WIB
0-60mph.info

TEMPO.CO, Jakarta - Toyota Motor Corporation kembali bercokol di urutan teratas produsen mobil terlaris di dunia tahun 2013. Toyota mengungguli pesaingnya di beberapa negara penting, seperti Amerika Serikat dan Cina.

Apa saja mobil yang mendorong penjualan Toyota?

USA Today menyebutkan sepanjang 2013 Toyota berhasil merebut gelar raja otomotif setelah merilis sejumlah model yang disukai publik. Hampir di semua negara konsumen memilih sedan Toyota Camry, Toyota Corolla, dan mobil hibrida Toyota Prius sebagai varian favorit. Pada lini produk mewah, submerek Lexus memberikan pemasukan yang signifikan bagi Toyota. Seluruh produk itu memberi kontribusi besar bagi penjualan Toyota.

Toyota Camry bisa dibilang menjadi penyumbang penjualan terbesar. Sepanjang Januari-Oktober 2013, penjualan global Camry mencapai 40 ribu unit. Camry unggul dari beberapa pesaing, seperti sedan Honda Accord, Ford Fusion, dan Nissan Altima. Di Amerika, Camry sempat ditelikung oleh Accord, tetapi hal ini tidak terjadi di negara lain.

Secara global, Toyota berhasil menjual 9,9 juta mobil pada 2013, naik 2 persen dibandingkan 2012. Dengan angka tersebut, Toyota menumbangkan pesaing terberatnya, General Motor Company (GM). Toyota berhasil menjual 270 ribu mobil lebih banyak ketimbang GM. Sedangkan posisi ketiga diisi produsen mobil Jerman, Volkswagen AG, dengan penjualan 9,5 juta unit.

Pada 2014, Toyota berancang-ancang mempertahankan gelar tersebut. Manajemen Toyota yakin mampu menjual 10,3 juta mobil kepada pelanggannya di seluruh dunia. Target itu menjadi tantangan tersendiri karena sepanjang sejarah belum ada satu pun produsen otomotif yang bisa membukukan angka penjualan tersebut. Toyota juga menargetkan untuk memproduksi mobil 10,4 juta unit dari pabriknya di seluruh dunia.

DIMAS SIREGAR

Terpopuler

Apa Kata Megawati Soal Hubungannya dengan SBY? Benarkah Tenda SBY di Sinabung Rp 15 Miliar? Jurus Tiga Baskom Ahok Jika Sodetan Ditolak Ani Yudhoyono Minta Maaf Pun Tuai Komentar SBY Percaya Klenik Diulas di Washington Post Isyarat Tepuk Punggung Wapres Boediono ke Jokowi

 

#Penjualan Mobil
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi