Desain Baru Mobil-mobil F1 Musim 2014
Reporter: Tempo.co
Editor: Muchamad Nafi
Minggu, 2 Februari 2014 11:39 WIB
Pembalap Red Bull Sebastian Vettel memimpin di depan pembalap Mercedes Nico Rosberg pada balap mobil Formula One Grand Prix Brasil di sirkuit Interlagos di Sao Paulo, Brasil (24/11). (AP Photo/Felipe Dana)

TEMPO.CO, Jerez : Setelah otoritas Formula 1 membuat perubahan desain mobil untuk musim balap 2014, pabrikan mobil pun mengikutinya. Alasan utama perubahan desain itu untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan. Moncong mobil dibuat menjadi lebih menukik dan rendah. Otoritas Formula 1 yakin langkah ini efektif menghindari kendaraan melejit ke atas saat terjadi kecelakaan, seperti dalam kecelakaan Mark Webber yang menabrak belakang mobil Heikki Kovalainen dalam balapan di Valencia beberapa tahun lalu. (Baca pula: Bos Formula 1 Mengundurkan Diri).

Direktur teknik tim Red Bull dan desainer kendaraan yang disegani di dunia Formula 1, Adrian Newey, justru meragukan desain baru moncong mobil itu. Alasannya, jet darat itu bisa menghunjam lebih cepat saat terlibat dalam kecelakaan. Jika seorang pembalap menabrak mobil di depannya, kendaraanya bisa melesak ke bawah mobil yang ditabrak. “Struktur belakang mobil yang anda tabrak bisa menghantam wajah anda,” kata Newey usai sesi uji coba di Jerez, Spanyol, Selasa 28 Januari 2013. “Ini skenario yang lebih buruk.”

Untuk musim balapan 2014 yang akan digelar pada 16 Maret 2014 di GP Australia, berikut ini beberapa mobil Formula 1 yang kemungkinan digunakan:

Ferrari F14TSesuai aturan baru, Mobil F1 ke -60 ini memiliki desain moncong unik dengan desain lebar dan pipih namun tidak tajam. Agar tidak mudah membentur mobil lain dan pembatas, Ferrari membuat sayapnya lebih sempit. Tim desainer menyatakan memadukan sisi aerodinamika dan aturan bagi produk yang bermarkas di Maranello, Italia.

Caterham CT05

Ditemani pembalap Jepang, Kamui Kobayashi, pada musim ini Caterham akan mengandalkan pendatang baru dari Swedia. Badan 'jet darat' ini pun memiliki hidung lebih rendah mengikuti regulasi anyar. Mobil yang dibawa tim dimiliki pengusaha asal Malaysia, Tony Fernandes, tersebut telah menjalani tes pra musim di Jerez, Spanyo pekan lalu.

McLaren MP4-29Selain menuruti aturan baru, mobil balap ini memiliki knalpot tunggal di bagian tengah belakang mobil. Dengan sidepod yang lebih besar untuk mengalirkan udara ke radiator dan intercooler, bagian itu dapat menutupi banyaknya pendinginan buat sumber tenaga. Tim ini telah memunculkan MP4-29 di McLaren Technology Centre, Woking, Inggris.

Red Bull RB 10

Sebagaimana kebanyakan mobil para rival, RB10 memiliki bagian hidung menonjol. Mobil rancangan Adrian Newey itu juga sempit di bagian depan. Mesin RB10 disuplai oleh Renault dan menjadi mobil ke-10 yang diciptakan Red Bull sejak menguasai Jaguar pada 2005.

Lotus E22Tanpa sayap bertingkat, ujung depan mobil ini seperti garpu dengan posisi yang rendah. Tim yang baru ditinggalkan Kimi Raikkonen ke Ferrari ini mengandalkan posisi dan letak yang tepat untuk bagian ini demi memperoleh aerodinamika yang baik.

Berita Lain:Aher Sudah Siap Jadi Capres PKSSesama Capres, Ali Masykur Bakal Periksa GitaPKS Putusan Soal Capres Sabtu Sore IniBambang Soesatyo: Gita Lari dari Tanggung Jawab

#F1
#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi