Ekspor Mobil Murah Resmi Mulai Hari ini
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Senin, 3 Februari 2014 10:57 WIB
Mobil murah milik Astra Daihatsu Motor (ADM), Astra Daihatsu Ayla dengan tipe GT saat diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, Jakarta, (24/9). TEMPO/Subekti

TEMPO.CO, Jakarta - Hari ini, 3 Februari 2014, PT Astra Daihatsu Motor meresmikan ekspor perdana mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) ke Filipina. Peresmian dilakukan di pabrik Astra Daihatsu di Karawang, Jawa Barat, pukul 10.25 WIB. Peresmian dihadiri oleh jajaran direksi perseroan dan perwakilan Kementerian Perindustrian.

Menteri Perindustrian M.S. Hidayat sebelumnya mengatakan meskipun belum genap setahun dipasarkan, mobil murah akan mulai diekspor Indonesia “Ekspor perdana dilakukan ke Filipina dan sebanyak 500 unit per bulan,” katanya kepada Tempo di Jakarta, 26 Januari lalu. (Baca juga : Nissan Targetkan Penjualan 95 Ribu Unit)

Menurut dia, Indonesia menargetkan peningkatan ekspor tahun ini, dari 16 persen pada 2013 menjadi 30 persen pada 2014. Hidayat mengatakan Astra Daihatsu Motor adalah perusahaan yang akan memulai ekspor mobil murah. Pemerintah, kata dia, belum bisa menentukan berapa target volume ekspor LCGC selama setahun karena masih pasar masih dijajaki. “Kami belum bisa target karena masih penjajakan pasar,” ungkapnya. (Baca juga : Empat Bulan, 4.958 Honda Brio Satya Laris)

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor mobil Indonesia secara utuh alias completely built up (CBU) tahun lalu mencapai 170.907 unit. Produksi mobil tahun lalu mencapai 1.208.165 unit, sementara total penjualan mencapai 1.229.001 unit.

ANANDA TERESIA

Terpopuler :Desain Baru Mobil-mobil F1 Musim 2014Geely-Volvo Rancang Hatchback Blasteran  Ford Fiesta Ecoboost 1 L Bakal Lebih MahalMobilio Belum Akan Mampu Geser Avanza dan XeniaBeli Honda Mobilio, Dapat Paket Perawatan

#Low Cost Green Car | LCGC | Mobil Hijau

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi