Toyota dan Suzuki Segera Susul Ekspor Mobil Murah  
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Senin, 3 Februari 2014 11:10 WIB
Toyota. REUTERS/Toru Hanai

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi menyebut setidaknya ada dua agen pemegang merek lain yang berencana mengekspor mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) tahun ini selain PT Astra Daihatsu Motor. Mereka adalah PT Toyota Astra Motor dan PT Suzuki Indomobil Sales. (Baca juga : Jokowi: LCGC Bebas Pajak, Kok Transjakarta Tidak? )

Mengenai spesifikasi jenis mobil yang akan diekspor, apakah sama dengan yang dipasarkan di Indonesia, Budi enggan berkomentar lebih lanjut. Ia juga menolak memberitahu kapan Toyota ataupun Suzuki mulai mengekspor LCGC. Di Indonesia, Daihatsu meluncurkan Ayla sebagai mobil murah, sementara Toyota mengandalkan Agya dan Suzuki meluncurkan Wagon R.

Hari ini, 3 Februari 2014 Astra Daihatsu Motor meresmikan ekspor perdana mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) ke Filipina. Peresmian dilakukan di pabrik Astra Daihatsu di Karawang, Jawa Barat, pukul 10.25 WIB. Peresmian dihadiri oleh jajaran direksi perseroan dan perwakilan Kementerian Perindustrian.

Budi mengatakan pemasaran dan pemenuhan kriteria yang diinginkan pembeli untuk keperluan ekspor sudah dijalankan. Daihatsu atau Toyota akan segera mengumumkan realisasi ekspor mereka. “Proses pemasaran dan pemenuhan kriteria buyer sudah cukup lama dilakukan. Suzuki juga akan ekspor tahun ini,” katanya kepada Tempo akhir pekan lalu. (Baca juga : LCGC Dongkrak Penjualan Suzuki )

Menurut dia, tahun ini target ekspor nasional mencapai 200 ribu unit untuk semua model. Untuk produksi, Indonesia menargetkan bisa menghasilkan 1,3 juta mobil murah tahun ini. Tahun lalu, penjualan Ayla mencapai 19.141 unit, sementara penjualan Agya mencapai 22.376 unit. Adapun penjualan Wagon R mencapai 4.705. Agya dan Ayla diluncurkan September tahun lalu, sementara Wagon R dirilis November 2013.

ANANDA TERESIA

Terpopuler :Desain Baru Mobil-mobil F1 Musim 2014Geely-Volvo Rancang Hatchback Blasteran  Ford Fiesta Ecoboost 1 L Bakal Lebih MahalMobilio Belum Akan Mampu Geser Avanza dan XeniaBeli Honda Mobilio, Dapat Paket Perawatan

#Low Cost Green Car | LCGC | Mobil Hijau

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi