Ekspor Mobil Murah, Suzuki Masih Negosiasi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Senin, 3 Februari 2014 11:29 WIB
Presiden pabrik mobil Suzuki Jepang Hiroshi Tsuda saat memperkenalkan mobil wagon baru Suzuki di Tokyo (25/9). Foto: AFP/Tadayuki Yoshikawa

TEMPO.CO, Jakarta - Beberapa agen pemegang merek yang memproduksi mobil murah ramah lingkungan, PT Astra Daihatsu Motor, PT Toyota Astra Motor, dan PT Suzuki Indomobil Sales, masih malu-malu mengakui soal rencana ekspor LCGC. 4W Marketing dan DND Director PT Suzuki Indomobil Sales Davy Tuilan mengakui Suzuki tengah menjajaki rencana ekspor mobil murah ke Pakistan.

Menurut dia, Suzuki kini tengah berusaha menyelesaikan kesepakatan perjanjian dengan kantor Suzuki di Pakistan. “Kami masih menyelesaikan perjanjian terkait produksi, spesifikasi, dan negosiasi harga,” katanya kepada Tempo di Jakarta akhir pekan lalu. (Baca juga: Jokowi: LCGC Bebas Pajak, Kok Transjakarta Tidak?)

Hari ini, 3 Februari 2014, PT Astra Daihatsu Motor meresmikan ekspor perdana mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) ke negara tujuan Filipina. Peresmian dilakukan di pabrik Astra Daihatsu di Karawang, Jawa Barat, pada pukul 10.25 WIB. Peresmian dihadiri oleh jajaran direksi perseroan dan dari Kementerian Perindustrian.

Menurut Davy, Suzuki baru akan merealisasikan ekspor mobil murah pada bulan April tahun ini. Kesepakatan dengan Suzuki Pakistan, kata dia, ditargetkan selesai pertengahan Februari. Mengenai jenis mobil yang akan diekspor, Davy mengatakan jenis mobil pasti akan berbeda dengan Wagon R, mobil LCGC yang dipasarkan di Indonesia. “Pasti beda karena permintaan dari sana juga berbeda. Kami juga masih membahas spesifikasi dan volumenya,” katanya. (Baca juga: LCGC Dongkrak Penjualan Suzuki )

Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra ketika dikonfirmasi akhir pekan lalu menolak berkomentar saat diminta klarifikasi soal rencana ekspor LCGC Daihatsu. Ia mengatakan tanggapan terkait dengan rencana ekspor LCGC baru akan diberikan nanti saat pengumuman resmi ekspor. “Kami belum bisa berkomentar. Pada waktunya akan kami sampaikan secara resmi,” katanya akhir pekan lalu.

Menteri Perindustrian Mohamad Suleman Hidayat hari ini menyatakan bulan ini Daihatsu akan memulai ekspor perdana mobil murah ke Filipina sebanyak 500 unit per bulan. (Baca juga: Pro-Kontra Mobil Murah, 2014 Datsun Tetap Meluncur)

Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor Rahmat Samulo juga menolak berkomentar ketika dimintai klarifikasi soal rencana ekspor LCGC. Menurut dia, Toyota baru akan berkomentar dalam waktu dekat. “Kami belum bisa komentar soal itu sekarang. Nanti ada saatnya kami akan komentar soal ekspor LCGC,” katanya.

ANANDA TERESIA

Terpopuler :Desain Baru Mobil-mobil F1 Musim 2014Selain Daihatsu,Toyota dan Suzuki juga Ekspor LCGCEkspor Perdana Mobil Murah Resmi Mulai Hari iniFord Fiesta Ecoboost 1 L Bakal Lebih MahalMobilio Belum Akan Mampu Geser Avanza dan XeniaBeli Honda Mobilio, Dapat Paket Perawatan

#Low Cost Green Car | LCGC | Mobil Hijau

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi