Mobil Dual Fuel, Apa Saja yang Sudah Beredar?  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Sabtu, 29 Maret 2014 12:24 WIB
dualfuelautos.com

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah akan mewajibkan produsen kendaraan untuk membuat mobil dual fuel, mobil yang bisa digerakkan bahan bakar gas atau minyak. Mobil ini digadang-gadang sebagai wujud nyata program konversi gas untuk menghemat konsumsi bahan bakar minyak. (Baca: Aturan Wajib Mobil Dual Fuel Terbit Tahun Depan).

Di Indonesia, mobil dual fuel mungkin termasuk barang baru. Pada kenyataannya, banyak produsen kelas dunia yang sudah membuat mobil jenis ini. Kebanyakan produsen membuat mobil dual fuel sebagai variasi dari tipe kendaraan yang sudah laris di pasaran. Namun ada juga yang meluncurkan mobil dual fuel sebagai produk baru, bukan bentuk facelift atau permak rupa dari varian yang sudah eksis. (Baca: Harga Mobil Dual Fuel Bakal Lebih Mahal).

Jika dibandingkan dengan mobil biasa, konsumsi bahan bakar mobil dual fuel belum tentu lebih hemat. Namun pabrikan besar, terutama di Eropa, lebih mementingkan tujuan pengurangan polusi saat merakit mobil dual fuel ketimbang penghematan. Berikut ini beberapa mobil dual fuel yang pernah beredar di beberapa negara. (Baca: APM Minta Studi Pemerintah Soal Mobil Dual Fuel).

1. Chevrolet Matiz Eco Logic

Ini adalah versi dual fuel dari citycar Chevrolet Spark atau Chevrolet Matiz. Chevrolet Matiz Eco Logic beredar di Italia pada 2007-2010. Pada periode tersebut, Chevrolet memasarkan 60 ribu Matiz Eco Logic yang dibuat bersama pemasok perlengkapan mesin bahan bakar gas BRC Gas Equipment.

2. Fiat Punto Van

Fiat Punto Van adalah mobil penumpang serbaguna (multi-purpose vehicle/MPV) berukuran kecil. Di Italia, mobil ini masuk kriteria kendaraan niaga lantaran banyak digunakan untuk kepentingan komersial, seperti angkutan barang. Fiat Punto Van dilengkapi mesin 1,28 liter yang bisa digerakkan oleh bensin atau bahan bakar gas terkompresi (compressed natural gas/CNG). Ada juga versi diesel dengan kapasitas silinder 1,3 liter.

3. Fiat Multipla

Citycar Fiat Multipla dibuat pada 1998-2010. Mobil ini digerakkan oleh mesin turbo diesel 1,9 liter berbahan bakar solar, CNG, atau metana. Belakangan muncul Fiat Multipla berbahan bakar bensin yang digerakkan mesin berkapasitas silinder 1,6 liter.

4.  Mazda RX-8 Hydrogen RE

Sedan sport ini adalah mobil dual fuel hasil pengembangan dari Mazda RX-8. Mazda RX-8 Hydrogen RE yang diperkenalkan pada 2003 memiliki mesin bertenaga hidrogen, twin-rotor Wankel engine 2,6 liter. Dengan mesin ini, Mazda RX-8 Hydrogen RE bisa melesat dari 0-100 kilometer per jam dengan waktu kurang dari sepuluh detik. Tangki mobil ini memuat bahan bakar hidrogen sebanyak 2,4 kilogram.

5. Volvo V70 dan V60

Dua station wagon buatan Volvo ini baru meluncur pada 2014. Mengusung mesin lima silinder 1,9 liter, Volvo V70 dan V60 mampu melesat dengan bahan bakar CNG.

6. Chevrolet Impala Bi-Fuel

Bos General Motors Company Dan Akerson mengatakan akan meluncurkan sedan Chevrolet Impala Bi-Fuel pada 2014-2015. Sedan ini memiliki dua opsi bahan bakar, bensin dan CNG, dalam satu kompartemen tangki. Pengemudi bisa mengalihkan penggunaan bahan bakar dari bensin ke gas, atau sebaliknya, saat melaju di jalanan.

FERY FIRMANSYAH

Berita TerpopulerKasus Satinah, Pemerintah Tak Sudi Jadi Komoditas Akhirnya Polisi Temukan Bayi dan Penculiknya Cerita Para Korban MH370

 

#Low Cost Green Car | LCGC | Mobil Hijau
#Kementerian Keuangan

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi