Tim Mercedes Terus Mendominasi
Reporter: Tempo.co
Editor: Hari prasetyo
Minggu, 20 April 2014 21:14 WIB
Pembalap mobil Mercedes, Lewis Hamilton merayakan kemenangannya dengan sebotol Sampanye usai menjadi juara di Grand Prix F1 Cina di Shanghai, Cina, (20/4). (AP Photo/Andy Wong)

TEMPO.CO, Shanghai - Hingga seri balapan keempat, tim Mercedes masih mendominasi podium Fomula 1 2014. Lewis Hamilton menjadi nomor satu dalam Grand Prix Cina yang berlangsung di Shanghai International Circuit, Shanghai, Cina, Ahad, 20 April 2014, disusul rekan setimnya, Nico Rosberg di posisi kedua.

Hamilton, yang memulai dari pole position atau urutan start pertama, menyelesaikan balapan dalam waktu 1 jam 43,059 menit. Rosberg, yang sempat turun ke posisi ketujuh, berhasil mengejar dan berada di belakang Hamilton dengan selisih 18,6 detik.

"Saya tidak bisa percaya betapa luar biasanya mobil kami dan betapa kerasnya tim saya bekerja," kata Hamilton seusai turun dari podium. "Hasil ini adalah cermin kerja keras tim. Setelah start, saya merasa balapan sendiri. Saya senang Nico berada di sini (podium) bersama kami. Poin bagus buat tim."

Hamilton pun meraih 25 poin dalam tiga balapan terakhir. Satu-satunya balapan di mana dia tidak berada di posisi pertama adalah pada balapan pertama musim ini di Australia, 16 Maret lalu, saat Rosberg menjadi yang pertama.

Di balapan ini, Rosberg harus berjuang lebih. Memulai balapan di posisi keempat, pembalap Jerman ini langsung merosot ke posisi ketujuh. Bahkan, Rosberg sempat berkontak dengan Valtteri Bottas dari tim Williams sebelum tikungan pertama. Beruntung tidak terjadi kerusakan pada mobilnya.

Rosberg berjuang melewati pembalap satu demi satu. Setelah berhasil melewati Nico Hulkenberg dari tim Sauber, dia terus menekan Felipe Massa. Pada lap kelima, Rosberg bisa menyalip pembalap tim Williams itu dan berebut posisi kelima. Tak berhenti di situ, Rosberg terus mengejar Daniel Ricciardo dari tim Red Bull Racing, hingga akhirnya pada lap ke-16 Ricciardo masuk pit dan memberi tempat keempat bagi Rosberg.

Duel seru terjadi di putaran ke-23. Rosberg yang kukuh ingin mencapai podium harus menghadapi juara tahun lalu, Sebastian Vettel, di lap ke-23. Duel itu dimenangkan Rosberg dan dia berhasil mencapai posisi ketiga.

Vettel sendiri cukup kecewa dengan balapan ini. Pada lap ke-25, tim meminta pembalap Jerman itu itu mengalah pada rekan setimnya, Ricciardo. Vettel sempat protes, sebelum akhirnya pada lap ke-26 dia terpaksa membiarkan Ricciardo menyalipnya dari sisi tikungan bagian dalam.

Rosberg naik ke posisi kedua setelah Alonso masuk pit pada lap ke-34. Namun, Alonso kembali memperoleh posisi kedua setelah Rosberg masuk pit pada lap ke-38. Sebelum masuk pit, ban Rosberg panas hingga mobilnya sempat keluar jalur.

Menjelang garis finis pada lap ke-42, Rosberg kembali merebut tempat Alonso. Trek lurus dan selisih waktu yang sangat tipis membuat Rosberg bisa memanfaatkan teknologi DRS (Drag Reduction System) sehingga mobilnya terpacu dan bisa melewati Alonso. Posisi itu bertahan hingga balapan terakhir.

Bagi tim Ferrari, ini adalah pertama kalinya mereka bisa menikmati podium sepanjang musim 2014. Alonso, yang memulai balapan di posisi kelima, finis di posisi ketiga dengan catatan waktu 1 jam 43,835 menit.

"Ini kejutan yang manis buat kami," kata Alonso saat diwawancarai seusai pesta podium. "Saya sangat senang. Kami tidak memulai musim dengan baik, tapi kami terus berjuang."

Dengan hasil ini, Rosberg masih memimpin klasmen dengan perolehan poin 79. Hamilton berada di tempat kedua dengan 75 poin. Alonso berada di tempat ketiga dengan 41 poin. Di tempat keempat ada Nico Hulkenberg dnegan 36 poin dan di tempat kelima ada juara bertahan, Sebastian Vettel, dengan 33 poin.

Rosberg pun mengoreksi kalimat pewawancara yang menyatakan bahwa dirinya 'masih' berada di nomor satu. "Saya tidak akan menggunakan kata 'masih', karena saya berencana tetap berada di sana," kata Rosberg sambil tersenyum.

FORMULA1.COM | BBC | GADI MAKITAN

TerpopulerIndra: Penampilan Timnas U-19 MeningkatChelsea Terjungkal, Liverpool Makin Dekati JuaraGanti Van Persie, Manchester United Bidik Cavani  

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi