Ayo Berburu Onderdil Bekas di Senayan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rr. Ariyani Yakti Widyastuti
Minggu, 11 Mei 2014 10:36 WIB
Pengunjung melihat motor vespa di pameran otobursa tumplek blek di parkir timur, Senayan, Jakarta, Sabtu (10/5). Pengunjung melihat sepeda motor lawas di pameran otobursa tumplek blek di parkir timur, Senayan, Jakarta, Sabtu (10/5). TEMPO/Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Jakarta - Bagi pencinta dunia otomotif yang belum memiliki rencana mengisi liburan akhir pekan ini, mungkin Anda bisa menyambangi Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Sebab, di sana ada acara International Otobursa Tumplek Blek ke-15 yang berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu dan Minggu, 10-11 Mei 2014.

Dendi Djamaluddin, misalnya, ikut berpanas-panasan mencari onderdil pada tumpukan besi tua yang dijajakan di emperan GBK Sabtu kemarin. “Kalau cari sendiri, sih, susah. Mumpung ada acara ini, ya, saya cari onderdil mobil," ujar Dendi, yang tengah mencari penyaring udara mobil Citroen tahun 1950-an miliknya, Sabtu, 10 Mei 2014. (Baca: Otobursa Tumplek Blek Targetkan Transaksi Rp 30 M)

Pria 38 tahun ini mengeluhkan onderdil miliknya sudah sering rewel, mudah panas, hingga berujung pada mogok. "Susah banget cari penjual saringan udara. Tapi, di sini banyak komunitas mobil, jadi saya bisa tanya-tanya,” tuturnya.

Ia pun berharap dengan dananya yang sedikit berlebih saat itu bisa membeli filter udara mobil yang dicarinya. Pasalnya, dari pengalaman Dendi selama ini, harga komponen mobil tua sangat sulit diprediksi. Para penjual sering mematok harga cukup tinggi sesuai dengan kelangkaan komponen tersebut. (Baca: Otobursa ke-13 Hadirkan 168 Bursa Otomotif)

Sedangkan untuk membeli komponen bekas di lapak-lapak online, Dendi merasa ragu. Sebab, ia masih belum sreg membeli barang tanpa mengecek keadaannya terlebih dulu. Selain itu, ia merasa cemas karena banyak terjadi penipuan di pasar online.

Seperti diketahui, pergelaran Otobursa Tumplek Blek ini menghadirkan berbagai komunitas kendaraan klasik, kendaraan modifikasi, jual-beli kendaraan, dan lainnya. Selain menjajakan komponen bekas dan aksesori lokal, para pengunjung juga bisa menjumpai stan produk luar negeri dari sejumlah merek yang jarang didengar sebelumnya, seperti Ferodo (Inggris), Yoshimura (Jepang), FOX (Amerika), Autoline (Inggris), Avoturbo (Taiwan), dan Ziebart (Amerika).

PERSIANA GALIH

Berita terpopuler:Ingin Jadi Cawapres, Ical Kejar Mega ke Bali  Jokowi: Saya Memang Belum Pernah Jadi Presiden  Hujatan Video Mulan Jameela di YouTube 

#Penjualan Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi