Schumacher Sadar dari Koma  
Reporter: Tempo.co
Editor: Dian Yuliastuti
Senin, 16 Juni 2014 19:26 WIB
Michael Schumacher bersiap bermain ski di Dolomite resort of Madonna Di Campiglio, pada 12 Januari 2006. Radio Prancis menyebutkan bahwa Schumacher mengenakan helm pada saat bermain ski di Alpen, Prancis, (29/12). REUTERS/Alessandro Bianchi

TEMPO.CO, Jerman - Mantan pembalap Formula Satu, Michael Schumacher, akhirnya lepas dari koma. Schumacher bahkan dikabarkan sudah keluar dari Rumah Sakit Gronoble di Prancis, tempat dia dirawat setelah kecelakaan saat ski di Resor Alps, Prancis, pada akhir Desember lalu.

"Michael telah meninggalkan rumah sakit dan akan melanjutkan tahapan panjang rehabilitasi," ujar Sabine Kehm, manajer Schumacher, Senin, 16 Juni 2014, waktu setempat. Dia yang memastikan, juara dunia tujuh kali sal Jerman itu sudah tidak dalam kondisi koma.

Keluarga Schumacher, menurut Kehm, mengucapkan terima kasih terhadap dokter dan paramedis yang telah merawat selama setengah tahun ini. Termasuk para petugas SAR yang berada di tempat kejadian kecelakaan yang menghilangkan kesadaran pria 45 tahun itu.

Kehm juga menyampaikan permintaan agar dalam masa rehabilitasi masyarakat memberikan pengertian kepada Schumacher agar dijauhkan dari pandangan mata publik. Pemulihan Schumacher disebutkan cukup cepat. Pada Januari lalu, dikabarkan Schumacher mengedipkan matanya pertama kali. Lalu pada awal April, Schumacher dikabarkan menunjukkan tanda-tanda kesadaran dan pergerakan yang lebih nyata.

Harapan kesembuhan Schumacher juga disampaikan oleh tim sepak bola Jerman. Lukas Podolski menyampaikan harapan itu saat konferensi pers menjelang pertandingan mereka melawan Portugal di ajang Piala Dunia 2014. Menurutnya, Schumacher juga penggila bola. Jika Jerman menang, Podolski berharap bisa membuat Schumacher bahagia.

BBC|ABCNEWS|STRAITSTIMES|DIANING SARI TerpopulerPutra Prabowo Mengaku Tak Pernah Dikritik AyahnyaJokowi Dianggap Terlalu Banyak Mengulang KJP-KJSPenulis Buku MH370: Pesawat Sengaja DilenyapkanProfil Penumpang Garuda yang Meninggal di Udara

#F1
#Michael Schumacher

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi