Harga Batu Bara Jeblok, Sewa Mobil Off-road Anjlok
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Senin, 21 Juli 2014 17:46 WIB
AP/Paul Sancya

TEMPO.CO, Jakarta - Anjloknya harga batu bara sejak tahun 2012 menyebabkan bisnis penyewaan mobil berpenggerak roda empat (4 x 4) lesu. (Baca: Ratusan Mobil Off-road Dilelang Mulai Rp 50 Juta)

Menurut General Manager PT IBID-Balai Lelang Serasi Daddy Doxa Manurung,penyewaan mobil 4 x 4 turun dari 6.000 unit menjadi 5.000 unit. "Banyak  pertambangan batu bara yang berhenti beroperasi dan memutus kontrak sewa mobil," katanya kepada Tempo di lokasi pelelangan di Ciputat Raya, Senin, 21 Juli 2014. (Baca juga: Pasar Mobil Kabin Ganda Akan Tumbuh 10 Persen)

Menurut Daddy, biasanya satu perusahaan tambang menyewa 300 unit mobil selama dua tahun. Harga sewa dipatok Rp 16-18 juta per unit. Namun, setelah bisnis batu bara lesu, banyak mobil sewaan yang kemudian ditarik ke Jakarta dan dilelang. Yang mengejutkan, kata Daddy, peminat mobil 4 x 4 di Jakarta lebih banyak ketimbang warga di sekitar lokasi pertambangan, seperti di Kalimantan. (Baca juga: Ini Dia, Ford Ranger Terakhir Produksi Amerika).

IBID-Balai Lelang Serasi, anak usaha Grup Astra di bidang lelang otomotif, menggelar penjualan mobil off-road berpenggerak empat roda (4 x 4). Sebanyak 166 unit mobil berbagai merek dilelang dengan harga dasar Rp 50 juta.

Lelang kali ini dilakukan IBID di dua kota, Jakarta dan Surabaya. Di Jakarta, IBID melelang 100 unit dan sisanya di Surabaya. Mobil yang dilelang yakni Ford Ranger DC 4 x 4, Ford Everest, Mazda BT-50, Toyota Hilux, Isuzu D-Max, dan Mitsubishi Strada. Mobil-mobil ini dibuat pada kurun waktu 2009-2011.

PAMELA SARNIA

Berita TerpopulerJokowi Batal Balik Jadi Gubernur Jika Ini Terjadi Deklarasi Ansharul Khilafah Dukung ISIS Dibubarkan   Hamas Tangkap Seorang Tentara Israel iPad Milik Korban MH17 Kirim Pesan ke Keluarga

 

#Penjualan Mobil
#PT Astra Internasional Tbk.

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi