Mobil Baru Obral Diskon, Mobil Bekas Susah Laku  
Reporter: Tempo.co
Editor: Yostinus tomi aryanto TNR
Sabtu, 16 Agustus 2014 15:29 WIB
Pengunjung memadati stand Honda dalam Pameran Indonesia International Motor Show 2013 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, (24/09). Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini berlangsung 19-29 September 2013. Tempo/Amston Probel

TEMPO.CO, Jakarta - Potongan harga mobil baru kelas multipurpose vehicle (MPV) sepanjang pertengahan 2014 membuat pedagang mobil bekas mengeluh. Toyota, misalnya, sejak Mei memberikan diskon hingga Rp 30 juta bagi pembeli Avanza.

“Kalau begini, stok yang kita punya juga susah terjual. Sampai sekarang Avanza saya masih belum laku,” kata Edy, 37 tahun, pedagang mobil bekas, saat dihubungi Tempo, Jumat, 15 Agustus 2014.

Lebih lanjut, menurut Edy, persaingan produsen mobil baru kelas MVP juga sering membuat banyak pedagang mobil bekas merugi. “Jelang Lebaran kemarin muncul primadona baru yang menyaingi Avanza. Kemungkinan Toyota salah perhitungan karena muncul pesaing baru. Mau tidak mau mereka harus menjual dengan stok yang masih menumpuk. Pabrik tak mungkin berhenti beroperasi,” ucapnya.

Edy berharap para produsen bersikap adil dalam keadaan ini. Terlebih, selain tertekan oleh diskon, para pedagang juga harus menahan napas karena tren penjualan menurun seusai Lebaran.

Dihubungi terpisah, Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongki Sugiarto menjelaskan, memang tak ada regulasi untuk mengatur harga yang ditetapkan produsen. “Mau untung 70 juta atau rugi 100 juta, kita tak mengatur,” katanya. Lebih lanjut, Jongki mengatakan, penjualan mobil pada Agustus mengalami penurunan. “Biasa, karena habis Lebaran penjualan meningkat pesat. Akhir Agustus ini akan kembali normal,” ungkapnya.

Di daftar penjualan mobil pada awal semester 2014, tercatat penjualan Toyota Avanza berada di urutan pertama dengan jumlah unit terjual 14.892. Di bawahnya, Honda Mobilio dengan penjualan 10.896 unit. Dan ketiga, mobil murah Toyota Agya dengan penjualan 5.849 unit.

Mobil low MPV yang biasanya mendominasi posisi lima besar kini tersisih karena adanya primadona baru, antara lain, Suzuki Ertiga di posisi kelima dengan penjualan 4.555 unit dan Daihatsu Xenia di peringkat keenam (4.045 unit).

PRASETYO DHARMA

Terpopuler:HUT RI, Toyota Manjakan Konsumen Avanza  Mobil-mobil Pesaing Fortuner 4x4 DieselVW Tarik Ratusan Ribu Mobil  Avanza Luxury Tetap Incar Pasar Menengah-Bawah  BIC Gelar Bandung Lautan Blazer

#Penjualan Mobil
#Gaikindo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi