Jual Mobil Murah, Honda Rugi Kurs  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rachma Tri Widuri Staf Redaksi
Minggu, 31 Agustus 2014 07:27 WIB
Honda Brio Satya dalam peluncurannya, di Jakarta, Rabu (11/9). TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO, Denpasar - PT Honda Prospect Motor (HPM) mengaku mengalami kerugian pada penjualan mobil murah dan ramah lingkungan. "Kami terus merugi karena nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat terus melemah," ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy di Denpasar, Bali, Jumat, 29 Agustus 2014.

Jonfis mengatakan, sebagai produsen mobil murah, Honda kesulitan menyesuaikan harga penjualan mobil murah. "Kami tidak bisa menaikkan harga mobil karena inflasi menjadi penentu kenaikan harga," ujarnya. (Baca: Renault–Nissan Siapkan Mobil Rp 30 Jutaan )

Namun Jonfis enggan menyebutkan angka kerugian yang diterima para produsen mobil murah. "Yang pasti, risiko kami lumayan besar. Apalagi selisih dolar Amerika di awal kemarin dengan sekarang cukup jauh berbeda." 

Kendati mengalami kerugian, Honda memastikan akan tetap memproduksi mobil murah. "Kami tidak batasi jumlah produksi sejauh ini. Kami hanya akan mengatur jumlah produksi sehingga tidak mengalami kerugian," tutur Jonfis. (Baca: Tata Nano, Mobil Murah yang Mulai Berbenah)

Pada semester pertama 2014, PT Honda Prospect Motor membukukan pertumbuhan penjualan hingga 168 persen dibanding pada periode yang sama tahun lalu. Jonfis Fandy mengatakan pertumbuhan penjualan Honda merupakan yang tertinggi dibanding lima besar merek otomotif lain di Indonesia. "Sekaligus membawa Honda naik ke posisi ketiga di pasar otomotif Indonesia pada Juni 2014," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis, 17 Juli 2014. (Baca: Penjualan Mobil Honda Raih Kenaikan Tertinggi)

AMOS SIMANUNGKALIT

Terpopuler:Mobil Konsep Ini yang Mejeng di IIMS 2014  Mobil Mewah Ini Ramaikan IIMS 2014  Avanza Luxury Tetap Incar Pasar Menengah-Bawah  Unimog, Mobil Militer untuk Angkutan Logistik  BIC Gelar Bandung Lautan BlazerPorsi Ekspor LCGC Ditambah hingga 30 Persen

#Low Cost Green Car | LCGC | Mobil Hijau
#PT Honda Prospect Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi