Telkomsel Kucurkan Rp 1,5 Miliar untuk Bus Listrik
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Minggu, 23 November 2014 13:45 WIB

TEMPO.COSurabaya - PT Telkomsel dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bekerja sama dalam pengembangan bus listrik untuk alat transportasi kampus. Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga mengatakan telah mengucurkan dana Rp 1,5 miliar untuk pembuatan purwarupa bus listrik pertama buatan ITS.

"Kami merasa perlu mendukung inovasi anak bangsa demi kemandirian energi seiring dengan tren negara-negara maju dalam mengembangkan kendaraan listrik," kata Alex di kawasan Surapati, Surabaya, Ahad, 23 November 2014. (Baca: Dua Mobil Listrik Dahlan Iskan Mojok di IIMS 2014).

Bus listrik itu merupakan karya kelima ITS setelah meluncurkan serangkaian mobil listrik nasional, yakni Ezzy ITS 1, Ezzy ITS 2, Braja Wahana, dan Sapu Angin Surya pada Mei 2014.

Rektor ITS Triyogi Yuwono mengatakan produksi bus listrik ini menjadi cara ITS untuk menjawab krisis energi dan kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi. "Bukan dengan demonstrasi anarkistis," ujarnya. Triyogi mengatakan, lewat inovasi teknologi, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa lebih cepat. (Baca: Mobil Listrik Dahlan Iskan Berapa Harganya ?).

Menurut Triyogi, dalam waktu dekat ITS bakal kembali bekerja sama dengan Telkomsel untuk mengembangkan kapal pesiar tenaga listrik dan surya. Kapal buatan Fakultas Teknik Kelautan dan Perkapalan itu akan digunakan untuk berlayar di Sungai Kalimas. "Insya Allah, dalam enam bulan ke depan." Pertamina juga tengah menjajaki kerja sama serupa dengan ITS.

Pada 2015, ITS mulai membangun tempat pengisian listrik atau charging station. Setelah uji coba selama dua-tiga hari, bus listrik ITS akan dioperasikan pertama kali pada 30 November 2014.

ARTIKA RACHMI FARMITA

Berita TerpopulerAhok 'Tebus Dosa' ke Ridwan Kamil Rp 125 Juta  Sarapan Bersama Jokowi, Lee Hsien Loong Berbatik  Jean Alter: Sri Wahyuni Saya Cekik Sampai Mati  

 


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi